Wali Kota Palangka Raya Usul Bandara Tjilik Riwut Ditutup

  • Whatsapp
Bandara Tjilik Riwut

PALANGKA RAYA – Untuk menekan penyebaran virus corona lebih luas di Kota Palangka Raya, Walikota Fairid Naparin mengusulkan ke pemerintah pusat melakukan penutupan sementara Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya, Kalimantan Tengah. “Suratnya sudah kami kirim ke pemerintah provinsi. Karena ke sana dulu,” kata Fairid Jumat (27/3).

Sedangkan untuk penerapan kebijakan lockdown, tidak mungkin dilakukan, karena pemerintah memutuskan tidak melakukan lockdown dalam mengantisipasi penyebaran virus corona. Menurutnya, penghentian sementara penerbangan di bandara, dinilai akan efektif menekan penyebaran Corona di ‘Kota Cantik’ ini.

Dengan kebijakan menjaga jarak fisik atau physical distancing  dan jaga jarak atau social distancing merupakan pilihan yang tepat.

Fairid menjelaskan telah melakukan upaya pencegahan di pintu masuk, dengan mendeteksi dini penumpang yang datang dari daerah terjangkit. Selanjutnya Fairid berharap agar masyarakat dapat mentaati imbauan pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19. Apalagi Palangka Raya sudah masuk zona merah.

Sementara itu Anggota DPRD Palangkaraya Sigit Widodo menyambut baik rencana penutupan Bandara Tjilik Riwut. Ia berharap usulan tersebut dapat segera dipenuhi pemerintah pusat sehingga dapat menekan penyebaran virus corona.

Tercatat perhari ini (28/3/20) pasien positif corona atau COVID-19 kembali bertambah satu orang dari lima orang total enam orang, sementara orang dalam pengawasan (ODP) juga semakin tak terkendali tercatat kembali bertambah menjadi 411 dari hari sebelumnya 346 dan 32 orang menunggu hasil laboraturium. (za)

Related posts