Perlukah Dilakukan Tes, untuk Hewan Peliharaan yang Terinfeksi Virus Corona

  • Whatsapp
Ilustrasi Net Kucing

Belum lama ini dikabarkan seekor kucing di Belgia dan anjing di Hong Kong dinyatakan positif corona. Tentu kabar ini membuat panik orang yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing.

Saat hewan dinyatakan positif corona, apa perlu untuk dilakukan tes corona?

Read More

Meski membuat beberapa orang panik, namun seperti yang dilansir dari Science Mag, jumlah hewan yang terinfeksi virus corona masih terbilang sedikit yakni hanya tiga ekor, ini berbanding jauh dengan penularannya pada manusia.

Casey Barton Behravesh, Direktur One Health Office untuk penyakit menular dan zoonosis, mengatakan kalau sampai saat ini belum ada bukti yang cukup kalau hewan peliharaan dapat menularkan virus corona.

Meski demikian, Direktur Eksekutif Laboratorium Diagnosis Penyakit Hewan Washington (WADDL), Timothy Baszler mengatakan penelitian tentang hewan peliharaan ini perlu terus dilakukan.

“Meskipun kami tidak memiliki bukti bahwa hewan peliharaan dapat menularkan virus, tapi kami butuh lebih banyak bukti tentang ini,” jelas Baszler.

Tapi beberapa penelitian lain menyarankan untuk tidak melanjutkan penelitian agar tidak menimbulkan kepanikan yang tidak perlu.

Related posts