Angioplasti, Prosedur Penyelamat Nyawa Pengidap Sakit Jantung

  • Whatsapp
ILustrasi Net

Angioplasti koroner adalah prosedur untuk membuka penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah jantung. Setelah menjalani angioplasti, harapan hidup seseorang yang pernah atau berisiko mengalami serangan jantung dapat meningkat dan risiko untuk serangan jantung berikutnya dapat berkurang. Angioplasti koroner Angioplasti koroner adalah prosedur untuk membuka penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah jantung. Setelah menjalani angioplasti, harapan hidup seseorang yang pernah atau berisiko mengalami serangan jantung dapat meningkat dan risiko untuk serangan jantung berikutnya dapat berkurang.

Angioplasti bertujuan untuk meningkatkan aliran darah pada jantung. Mekanisme ini dilakukan dengan memasukan dan menggembungkan balon kecil di bagian pembuluh darah yang tersumbat untuk membantu memperluas salurannya. Prosedur ini sebenarnya termasuk umum dalam penanganan penyakit jantung, terutama pada pasien di atas 65 tahun.

Read More

Angioplasti kerap dikombinasikan dengan penempatan tabung kawat kecil yang disebut dengan stent atau ring. Sebagian jenis ring dilapisi obat-obatan yang akan membantu menjaga aliran darah dalam pembuluh darah tetap terbuka. Pemasangan ring bertujuan membuka dinding pembuluh darah dan mencegahnya kembali menyempit.

Peran Angioplasti

Secara umum, angioplasti adalah prosedur yang dilakukan untuk mengatasi gangguan kesehatan berikut.

  • Aterosklerosis

Untuk memperbaiki sumbatan aliran darah ke jantung pada penderita aterosklerosis, yang mana gejalanya antara lain adalah nyeri dada dan sesak napas. Aterosklerosis adalah pengerasan dinding pembuluh darah yang terjadi akibat penumpukan plak lemak. Angioplasti dilakukan jika dengan perubahan gaya hidup atau obat-obatan tidak dapat meredakan gejala.

  • Serangan jantung

Dapat dilakukan saat terjadi serangan jantung untuk membuka sumbatan pembuluh darah jantung dan mengurangi risiko kerusakan pada jantung.

Related posts