THR PNS akan Cair! Tapi Kapan ?

  • Whatsapp
ilustrasi THR

Jakarta Badan Kepegawaian Negara (BKN) belum bisa menginformasikan waktu yang tepat kapan gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk aparatur sipil negara (ASN), TNI, dan Polri bisa cair. Namun yang pasti pihaknya masih menunggu keputusan dari Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) unit eselon I di bawah Kementerian Keuangan.

Plt. Kepala Biro Humas BKN Paryono mengatakan, memang biasanya pencairan THR itu dilakukan sebelum Hari Raya Idul Fitri, sedangkan untuk gaji ke-13 biasanya diberikan pada saat masuk semester baru pendidikan sekolah.

Read More

“Kalo biasanya THR cair sebelum Hari Raya Idul Fitri, sedangkan untuk gaji ke-13 pada saat masuk semester baru anak sekolah. Kalo tentang gaji ke-13 dan THR itu untuk sekarang yang tahu persis DJA Kemenkeu,” kata Paryono saat ditanyai oleh media Selasa (14/4/2020).

Ia menegaskan terkait peraturan untuk pencairan kedua hal tersebut, yang melaksanakan atau memutuskan kapan pencairan bukan pihaknya sebagai instansi, melainkan pihak kementerian yang bersangkutan. Maka untuk saat ini, pihaknya masih menunggu instruksi dari DJA.

Sebelumnya sempat ramai diperbincangkan bahwa gaji ke-13 dan THR untuk aparatur sipil negara (ASN) TNI dan Polri, dinilai terancam akan dipotong akibat dampak covid-19, tapi akhirnya Menteri Keuangan Sri Mulyani sudah menghitung dan menetapkan bahwa untuk ASN tidak akan terancam atau aman.

Paryono menanggapi, “Kalau saya apapun keputusan pemerintah akan kita laksanakan, namun gaji ke-13 dan THR ini bagi pegawai yang golongan bawah (Golongan I, II, III) sangat membantu sekali untuk kelangsungan hidup para ASN, dan nantinya dari Gaji ke-13 dan THR tersebut juga akan bisa menggerakkan perekonomian rakyat di tingkat bawah,” ujarnya.

Related posts