Zoombombing, Apa itu? ini penjelasanya

  • Whatsapp
Zoombombing

JAKARTA – Kata Zoombombing populer beberapa waktu belakangan ini. Zoombombing muncul saat pandemi COVID-19 yang membuat banyak orang untuk tinggal di rumah dan mengakses layanan konferensi video untuk berkomunikasi.

Dilansir Thecut, Zoombombing merupakan tipe serangan cyber ketika seseorang membajak chat telekonferensi Zoom. Para pengguna mengatakan bahwa pertemuan mereka telah terganggu oleh orang asing yang menggambar citra ofensif di layar.

Read More

Orang asing itu juga berbagi konten negatif, melakukan doxxing (berbagi informasi orang) orang dalam obrolan, atau mengejek mereka dengan ucapan dan ancaman kebencian.

PCMag melaporkan bahwa Zoombombers telah berbagi ID rapat Zoom dan mengoordinasikan serangan peretasan di forum online, serta merekam serangan Zoombombing mereka dan membaginya di TikTok dan YouTube.

Terkini, Zoombombing muncul saat diskusi online yang digelar oleh Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (WANTIKNAS). Di tengah diskusi TIK-Talk bertema “Kolaborasi Multistakeholders Memerangi Hoax dan Disinformasi di Tengah Pandemi Covid-19”, muncul peserta tak dikenal.

Dikutip Sindonews, peserta tak dikenal itu membagikan konten negatif di layar. Lewat fitur share screen, pelaku juga mengambil alih screen sehingga seluruh peserta bisa melihat video tidak senonoh.

Hal ini cukup mengagetkan sekitar 100 peserta diskusi yang saat itu sedang melakukan sesi tanya jawab.

(ahl)

Related posts