Hari ini Gelombang Ke-2 Program Prakerja, Pendaftar ! Saya Butuh Beras Bukan Pelatihan

  • Whatsapp
Ilustrasi Kartu Prakerja

JAKARTA – Hari ini adalah hari pertama pendaftaran Program Prakerja gelombang dua. Namun, pendaftar mengaku yang dibutuhkan adalah kebutuhan dasar seperti beras dan telur.

Pada pelaksanaan gelombang pertama, sejumlah pekerja korban PHK mengaku kesulitan mengikuti program Prakerja gelombang pertama. Mereka berharap pemerintah terlebih dahulu fokus memberikan bantuan kebutuhan sehari-hari bagi mereka.

Read More

Pada pertengahan April, jumlah korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) maupun karyawan yang dirumahkan akibat pandemi menyentuh hampir dua juta jiwa, menurut data Kementerian Ketenagakerjaan.

Pemerintah mengatakan program Prakerja, yang ditargetkan untuk diberikan ke 5,6 juta orang hingga November 2020, akan diprioritaskan bagi mereka yang penghasilan atau pekerjaannya terdampak oleh pandemi Covid-19.

Penerima Kartu Prakerja akan menerima uang tunai Rp600.000 per bulan selama empat bulan dan paket belajar daring sebesar Rp1 juta.

Namun mendapatkan Kartu Prakerja tidak semudah itu, menurut Sujiani Dwiyanti (39) salah satu korban PHK massal sebuah perusahaan garmen di Jakarta Utara awal April ini.

Sujiani bercerita ia mencoba mendaftar untuk mendapatkan Kartu Prakerja di gelombang pertama, yang berlangsung pada 11 April hingga 16 April lalu. Namun harapannya menerima kartu itu kandas karena masalah teknis.

“Saya sudah daftar, tapi pas registrasi itu susah. Saya sudah nyoba enggak bisa-bisa masuk (ke aplikasi). Kayaknya login melulu,” ujar Dwiyanti.

Warga Kabupaten Tangerang ini mengatakan bantuan seperti sembako akan sangat membantu di masa-masa seperti sekarang.

Sujiani mengatakan ia berencana mencoba gelombang kedua pendaftaran Kartu Prakerja dan berharap peruntungannya tiba. ‘Kamu belum berhasil’

Dikutip dari BBC, Senin (20/4/2020), di Karawang, Jawa Barat, Gugun Gunawan, 22, desainer di sebuah perusahaan percetakan yang dirumahkan tanpa gaji, berhasil melakukan registrasi Kartu Prakerja.

Related posts