Pendaftaran Prakerja Gelombang 2 Di Buka: Jadwal, Syarat, Cara Daftar di prakerja.go.id

  • Whatsapp
Kartu Prakerja

Pendaftaran online Program Kartu Prakerja gelombang kedua bakal dibuka kembali pada Senin (20/4/2020) pukul 10.00 WIB. Sebelumnya pendaftaran gelombang pertama berlangsung mulai 11 – 16 April 2020 pukul 16.00 WIB.

Pendaftaran gelombang kedua tetap dilakukan melalui portal resmi pemerintah yaitu www.prakerja.go.id dan tak ada protal pendaftaran lainnya.

Read More

Pada gelombang kedua ini, pemerintah membuka pendaftaran hingga 23 April 2020 pukul 16.00 WIB. Syarat pendafatran online program Prakerja ini yaitu berusia di atas 18 tahun, WNI dan tidak sedang sekolah atau kuliah.

Persyaratan dokumen yang dibutuhkan yakni KTP dan foto selfie sambil memegang KTP. Syarat lainnya yakni memiliki e-mail yang aktif atau nomor ponsel dan lulus Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar.

Berikut tahapan pendaftaran Prakerja dengan membuat akun di prakerja.go.id:

1. Silahkan masukkan ke situs pendaftaran di www.prakerja.go.id
2. Masukkan nama lengkap, e-mail yang masih aktif dan kata sandi baru
3. Cek e-mail dari Panitia Prakerja dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun e-mail.
4. Setelah konfirmasi akun e-mail berhasil, kembali ke situs prakerja.go.id.

Setelah membuat akun, berikut cara daftar program Kartu Prakerja:

1. Login akun yang sudah didaftar dengan Klik Daftar Kartu Prakerja.
2. Isi formulir pendaftaran (nama, e-mail, alamt tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP dan foto selfie dengan KTP)
3. Klik Selanjutnya.
4. Masukkan nomor telepon yang masih aktif dan kode OTP yang dikirim melalui SMS
4. Lakukan Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar selama 15 menit. Siapkan alat tulis dan kerja bila diperlukan.
5. Tunggu e-mail pemberitahuan dari Kartu Prakerja setelah menyelesaikan tes.
6. Setelah mendapat e-mail pemberitahuan, kembali ke situs dan gabung ke gelombang pendaftaran.

Setelah melakukan pendaftaran, pilih jenis pelatihan yang diinginkan. Prakerja memiliki 8 mitra resmi yakni Tokopedia, Bukalapak, Skill Academy, Kemnaker, Pintaria, Pijar, Sekolah.mu dan MauBelajarApa.

Berbagai jenis pelatihan tersedia di 8 mitra tersebut, mulai dari Data, Media, Sertifikasi, Kesenian, Marketing, Fotografi, Kecantikan, Pengembangan Diri, Tata Boga hingga Jasa.

Program Prakerja ini menjadi salah satu bagian dari program bantuan sosial pemerintah di tengah pandemi Covid-19. Warga Indonesia yang terkena dampak virus corona ini bisa turut mendaftarkan diri atau warga yang terkena PHK.

Bantuan ini bakal diberikan kepda 5,6 juta warga Indonesia yang sedang emncari kerja baik formal atau informal.

“Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, Program Kartu Prakerja kini telah disesuaikan tidak hanya diutamakan bagi pekerja dan pencari kerja muda namun juga mereka yang terkena dampak langsung dari Covid-19,” kata Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

“Pemerintah telah menyiapkan anggaran Rp20 triliun untuk hal ini, kami harap program ini dapat membantu daya beli para pekerja dan pelaku usaha mikro dan kecil yang mengalami penurunan pendapatan dan/atau kehilangan mata pencaharian.”

Related posts