Programer Web Wajib tau Arti dari ‘Lorem Ipsum’ di Dunia Desain Grafis dan Web!

  • Whatsapp
lorem ipsum

Buat kalian para desainer grafis dan juga web pasti sudah tak asing dengan yang namanya lorem ipsum. Pasalnya istilah yang berisikan kumpulan kalimat ini dapat digunakan sebagai contoh kalimat saat para desainer malas untuk mengetik tulisan sendiri.

Sebenarnya istilah lorem ipsum sendiri sudah ada sejak pada tahun 1500 lalu. Kalimat yang terdapat pada lorem ipsum merupakan sebuah bahasa latin yang disusun oleh seorang tukang cetak.

Setelah itu istilah lorem ipsum pun langsung menjadi terkenal dan banyak dipakai di industri media cetak sebelum masuk ke era modern dimana banyak orang yang mulai mendesain melalui software komputer.

Lalu sebenarnya apa sih arti dari kalimat lorem ipsum ini? Nah, berikut ini adalah translasi kalimat yang ada di lorem ipsum jika sudah ditranslasi ke bahasa Indonesia:

Lorem ipsum (asli):

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.

Lorem ipsum (Bahasa Indonesia):

Demikian pula, tidak adakah orang yang mencintai atau mengejar atau ingin mengalami penderitaan, bukan semata-mata karena penderitaan itu sendiri, tetapi karena sesekali terjadi keadaan di mana susah-payah dan penderitaan bisa memberikan kepadanya kesenangan yang besar. Sebagai contoh sederhana, siapakah di antara kita yang pernah melakukan pekerjaan fisik berat, selain untuk memperoleh manfaat daripada-nya? Tetapi siapakah yang berhak untuk mencari kesalahan pada diri orang yang memilih untuk menikmati kesenangan yang tidak menimbulkan akibat yang mengganggu, atau orang yang menghindari penderitaan yang tak menghasilkan kesenangan?

Nah, seperti itulah arti dari kalimat lorem ipsum sebenarnya. Apakah kalian menyadari bahwa kalimat ‘random‘ yang kalian gunakan saat sedang melakukan desain memiliki makna yang sangat mendalam? Share artikel ini agar lebih banyak orang tahu dengan arti dari istilah lorem ipsum ya! 

Related posts