Sering Keramas Tiap Hari, Apakah Merusak Rambut?

  • Whatsapp
Ilustrasi Keramas

MESKIPUN tidak keluar rumah selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), bukan berarti kita tidak merawat rambut kita loh. Memang, negara tropis seperti Indonesia membuat rambut tak luput dari keringat yang berasal dari kulit kepala.

Ketika gerah, tentu saja kita akan mandi dan mencuci rambut. Tujuannya, tidak lain untuk mengusir rasa gatal di rambut yang lepek. Lantas, apakah boleh kita mencuci rambut setiap kita mandi?

Read More

Tapi, fakta yang menarik justru dikemukakan oleh trichologist bernama Philip Kingsley, Annabel Kingsley, serta dermatologist dr Francesca Fusco. Dia menyebut, keramas setiap hari sama sekali tidak menimbulkan masalah bagi rambut.

“Kulit kepala, sama halnya dengan kulit tubuh pada bagian lainnya, yang mengandung banyak keringat dan minyak,” kata Annabel Kingsley, seperti dilansir TeenVogue.

“Jadi, perlu dibersihkan secara berkala untuk menjaganya tetap bersih dan dalam kondisi yang baik,” tambah dia.

Laiknya wajah, bila Anda tak rajin membersihkannya, tentunya akan terlihat kusam dan terasa lengket. Dia pun menambahkan, tidak ada aturan khusus berapa kali kita harus mencuci rambut. Pasalnya, setiap orang memiliki tipe kulit kepala dan rambut yang berbeda-beda.

“Semua orang berbeda dan ini hanya soal menemukan keseimbangan kapan waktu mencuci rambut atau tidak, juga tergantung bagaimana cara kamu menata rambut, serta langkah yang harus dilakukan untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala dan rambut,” terang Annabel.

Bagi Anda yang kerap menggunakan hairspray, gel rambut, atau produk styling rambut lainnya, maka Anda disarankan untuk lebih sering mencuci rambut. Bila tidak, kotoran dan minyak bisa menumpuk pada rambut dan kulit kepala.

Sementara, untuk rambut yang sering dilakukan pewarnaan atau terkena proses bleaching, dr Fusco menyarankan agar selalu menggunakan kondisioner. Bagi pemilik masalah rambut berketombe, keramaslah sesering mungkin menggunakan sampo khusus rambut berketombe.

“Ketombe bisa jadi akibat dari jarang keramas dan cara membilas yang tidak bersih,” tambah dr Fusco.

Lebih lanjut, kondisi kepala yang sehat merupakan cerminan kesehatan rambut yang dimiliki. Sehingga bila kulit kepala dalam kondisi kotor tentu bisa memengaruhi kilau dan pertumbuhan rambut.

Related posts