Diumumkan Malam Ini! Sidang Isbat Penentuan Ramadan

  • Whatsapp
ILustrasi Net

 Pemerintah akan mengumumkan awal Ramadan malam ini, Kamis, 23 April 2020. Pihak Kementerian Agama memastikan pengumuman yang dimulai dengan sidang isbat dilakukan sesuai protokol kesehatan, menyesuaikan keadaan di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Direktorat Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama, Agus Salim menjelaskan ada yang berbeda pada sidang isbat (penetapan) awal Ramadan tahun 2020.

Read More

Peserta dari unsur pimpinan ormas Islam kita undang untuk mengikuti sidang isbat melalui aplikasi pertemuan dalam jaringan.

Agus menuturkan, sidang isbat dilakukan mengikuti prokokol pencegahan Covid-19, sehingga tidak semua perwakilan hadir secara fisik di kantor Kementerian Agama. Dia menegaskan, jika biasanya sidang dihadiri banyak tamu undangan, kali ini pihaknya membatasi tamu yang hadir dalam sidang isbat.

“Sesuai protokol kesehatan, kami membatasi undangan untuk hadir dalam sidang isbat kali ini. Nantinya, sidang hanya dihadiri Menteri Agama dan Wakil Menteri Agama, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Abdullah Zaidi, serta Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto,” kata Agus dalam pernyataan tertulis yang diterima Tagar, Kamis, 23 April 2020.

Pembatasan tamu undangan di tengah pandemi Covid-19, tak menjadikan alasan para pimpinan organisasi kemasyarakatan Islam tak ikut dilibatkan. Dia menyebut para pimpinan ormas akan ikut membahas melalui video conference.

“Peserta dari unsur pimpinan ormas Islam kita undang untuk mengikuti sidang isbat melalui aplikasi pertemuan dalam jaringan,” ucap Agus.

Kemudian, tahapan sidang isbat dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya. Dalam sesi pertama, akan dimulai pada pukul 17.00 WIB. Di sesi ini, kata Agus, akan ada pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1441 oleh anggota Falakiyah Kemenag Cecep Nurwendaya.

“Setelah magrib, sidang isbat dibuka oleh Menteri Agama RI, dilanjutkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari 82 titik di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Hasil sidang isbat rencananya akan dilakukan pada malam hari sekitar pukul 18.30 WIB. Pengumuman isbat, kata Agus, dapat disaksikan dalam situs resmi Kementerian Agama, ataupun di sosial media Kementerian Agama.

Related posts