Kenapa Kamu Tidak Bisa Buat Folder Bernama ‘Con’ di Windows ! Ini Alasannya

  • Whatsapp
con folder

Buat kalian pengguna sistem operasi Windows 10, cobalah untuk membuat sebuah folder baru dengan nama ‘con’. Pasti kalian akan mendapat sebuah pesan error bertuliskan ‘The specified device name is invalid’.

Tentu hal ini menimbulkan tanya tanya bagi banyak pengguna Windows, bahkan banyak orang mengira bahwa hal tersebut disebabkan karena sistem operasi Windows 10 buatan Microsoft tidak terlalu bagus sehingga meninggalkan sebuah bug.

Read More

Namun ternyata ada alasan tersendiri mengapa kita tidak diperbolehkan untuk membuat sebuah folder dengan nama ‘con’. Hal tersebut dijelaskan oleh Tom Scott di akun YouTube miliknya.

Dalam video milik Tom Scott, dijelaskan bahwa alasan kita tidak bisa menamai seluruh file baik itu folder, file txt, hingga gambar dengan menggunakan kata ‘con’ adalah karena kata tersebut termasuk ke dalam Device File.

Ya, Device File sendiri merupakan sebuah file bawaan yang sudah terdapat di dalam sistem operasi Windows. File tersebut nantinya berfungsi layaknya sebuah library yang akan digunakan oleh hardware untuk terhubung ke komputer.

Jadi, kata ‘con’ tersebut sebenarnya merupakan Device File dari console sehingga jika Windows mengizinkan pengguna membuat file dengan nama tersebut, maka Device File dari ‘con’ bisa rusak.

Selain kata ‘con’ kamu juga tidak bisa menggunakan kata-kata berikut ini sebagai nama file karena sudah termasuk ke dalam Device File dan bersifat reserved:

  • CON
  • AUX
  • PRN
  • LST
  • COM0, COM1, COM2, …, COM9
  • LPT0, LPT1, LPT2, …, LPT9

Bagaimana, sudah tau kan alasan mengapa kalian tak bisa menggunakan kata tersebut untuk menjadi nama folder atau file? Share artikel ini ke teman kalian ya!

Related posts