Apa Yang Terjadi pada Tubuh saat Main Ponsel Seharian?

  • Whatsapp
Ilustrasi Main Hp

Dalam rangka memutus penyebaran virus corona (COVID-19), masyarakat diimbau untuk melakukan kegiatan di rumah saja. Selama di rumah saja, kebanyakan dari Anda mungkin akan mengandalkan smartphone untuk mengurangi rasa bosan. Seperti untuk berkomunikasi, bermain game, sosial media, ataupun mengakses aplikasi.

Smartphone memang tampaknya tidak dapat lepas dsri kehidupan manusia sekarang ini. Namun tahukah Anda saat berlama-lama memainkan ponsel, ada efek negatif yang terjadi pada tubuh. Berikut ulasannya seperti dikutip dari laman The List, Jumat (24/4/2020).

Read More

1. Ketegangan Mata

Ketika kita menatap layar smartphone terlalu sering akan terjadi ketegangan mata. Adapun beberapa gejala diantaranya penglihatan kabur, kesulitan fokus, sakit kepala, mata merah, lelah, dan kering. Hal tersebut karena pancaran cahaya biru pada layar smartphone. Untuk mengatasi ketegangan mata cobalah untuk beristirahat selama 20 detik dan melihat yang setidaknya berjarak 20 kaki.

2. Sakit Leher

Ketika bermain ponsel posisi badan biasanya akan membungkuk. Hal tersebut membuat beban pada leher dan bahu meningkat. Ini menyebabkan ketegangan dan sakit pada leher.

3. Kadar Oksigen Lebih Rendah

Selain sakit leher dan bahu, membungkuk untuk melihat ponsel Anda dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya, termasuk menurunkan oksigen ke otak

4. Pergelangan Tangan Sakit

Ketika Anda lebih banyak menggunakan ponsel untuk berkirim pesan teks, ini membuat tangan Anda sakit. Selain itu dapat menyebabkan radang pada tendon. Tidak hanya itu, nyeri atau mati rasa pada ibu jari juga dapat terjadi karena terlalu sering mengetik di ponsel.

5. Gangguan tidur

Pernahkah Anda memutuskan untuk memeriksa Instagram sebelum tidur hanya untuk melihat Stories? Bermain ponsel sebelum tidur dapat memiliki beberapa dampak buruk. Seperti mempengaruhi dan menekan kadar melatonin, sehingga Anda akan kesulitan tidur. Jauhkan ponsel ketika Anda akan tidur.

6. Depresi

Ketika Anda terlalu sering bermain ponsel, mungkin Anda akan lebih sering memeriksa ponsel. Anda sudah ketergantungan. Hal tersebut dapat membuat Anda cemas dan paranoid, terutama ketika itu melibatkan banyak waktu di media sosial.

Related posts