Mendulang Pahala Dengan Membersihkan Rumah Saat Ramadhan

  • Whatsapp
ilustrasi bersih bersih rumah

ISLAM adalah agama yang menjunjung tinggi hidup bersih, oleh karena itu semua umat muslim harus selalu menjaga kebersihan. Di bulan Ramadhan ini, setiap kebaikan akan mendatangkan banyak pahala. Hal kecil pun akan berarti jika dilakukan di bulan yang suci ini, misalnya saja bersih-bersih rumah.

Ya, aktivitas harian ini ternyata bisa mendatangkan pahala kebaikan, lho. Seperti diterangkan Ustadzah Aini Aryani, ketika Anda menempatkan niat menyucikan rumah dari kotoran dan najis sebelum bersih-bersih supaya ibadah lebih berkualitas, Allah akan mencatatnya sebagai amalan kebaikan.

Read More

“Jadi, niat itu pembeda. Berniat sebelum bersih-bersih akan dapat nilai ibadah dan ini dapat pahala lillahitaala. Kalau Anda sekadar mau bersih-bersih, ya, tidak ada niat di sana dan sekadar aktivitas harian,” katanya pada Zoom Meeting Peluncuran Sahaja, Selasa (28/4/2020).

Ustadzah Aini melanjutkan, salah satu niat yang bisa diterapkan ialah ‘Baiti Jannati’ atau rumahku surgaku. Jadi, membersihkan rumah diharapkan bisa menjadi hal yang dapat menghindari keluarga dari hal buruk yang dapat memengaruhi kualitas ibadah.

Terlebih di saat Ramadhan di tengah pandemi COVID-19, yang mana kita harus beribadah di rumah saja. Akan menjadi lebih khusyu’ ketika rumah dan pakaian Anda sekeluarga bersih.

“Kebersihan dan kesucian itu mempengaruhi kualitas ibadah kita. Kalau lantai kita tidak suci, solat nggak sah,” lanjutnya.

Menjadi catatan penting, kebersihan itu syarat sah ibadah, sehingga kebersihan menjadi hal yang akan menambah kekhusyuan ibadah. “Kan pasti Anda nggak akan khusyu ketika beribadah di tempat kotor,” sambung Ustadzah Aini.

Related posts