Tim Telur Matang vs Setengah Matang, Kamu yang Mana?

  • Whatsapp
Setengah Matang

Warganet dengan akun @bejanawaktu membagikan video tutorial cara membuat telur mata sapi setengah matang dengan sempurna tanpa memakai minyak goreng. Video ini sudah ditonton 1,2 juta kali di Twitter dan disukai puluhan ribu pengguna Twitter.

Triknya cukup memakai air menduduh. Pecahkan telur di dalam sendok sayur berbahan logam, lalu taruh masukkan ke air mendidih, pastikan air tidak masuk ke dalam sendok. 

Setelah putih telur mulai matang, masukkan sedikit air ke dalam sendok sayur. Tiriskan, angkat, dan jadilah telur mata sapi sempurna. Sepertinya kamu anak kost juga bisa mencoba memakai rice cooker jika tak punya kompor dan minyak goreng.

Nah cuitan ini direspon oleh warganet yang tak suka telur setengah matang yang saat bagian kuning telurnya dipecahkan akan meleleh.

Penikmat telur setengah matang pun merespons.

Lalu ada tim ketiga:

Tapi kenapa ya ada masakan dengan telur setengah matang? 

Ternyata selain teksturnya, ada manfaatnya mengonsumsi telur setengah matang. Dalam kondisi itu, nutrisi pada kuning telur tidak rusak. 

Kuning telur mengandung lesitin yang efektif menangkal sklerosis karena memiliki sifat meredam kadar kolesterol. Juga ada asam amino, karbohidrat, vitamin, serta mineral. Cek manfaat selengkapnya DI SINI.

Namun telur setengah matang juga punya risiko buat kesehatan. Telur ayam dan bebek pada cangkangnya biasa terdapat bakteri salmonella. Pada cangkang yang retak, bakteri ini bisa memasuki dalam. 

Bahkan kalaupun cangkang terlihat bagus dan bersih, bakteri bisa tetap ada di sana. Jadi buat kamu yang hobi makan telur setengah matang walaupun disebut warganet psikopat, kamu harus memastikan cangkang telur tidak pecah dan retak sebelum memasak. Juga pastikan kebersihan cangkang, jangan sampai masih ada kotoran ayam. Tak ada salahnya kamu cuci dulu sampai bersih. 

Nah jadi kamu masuk tim setengah matang atau tim matang?

Related posts