Hindari Peretasan, Begini Cara Amankan Akun Pakai Password Manager

  • Whatsapp

Perhatian terhadap keamanan akun media sosial atau lainnya kini menjadi hal yang penting dibahas, setelah terbongkarnya kebocoran data pengguna Tokopedia. Salah satu yang diperhatikan adalah membuat password atau kata kunci yang kuat dan aman menjadi sebuah keharusan.

Keuntungan memiliki password yang kuat dan rumit bisa menghindari peretasan hingga pencurian data pribadi terhadap semua akun milikmu. Namun, terkadang untuk membuat password yang kuat membutuhkan usaha yang besar alias susah diingat.

Read More

Apalagi ditambah harus membuat password untuk semua akun yang kamu miliki, mulai dari media sosial, email, internet banking, e-commerce dan lainnya yang sudah pasti membuat pusing dan kewalahan untuk mengingatnya.

Ada solusi jitu yang bisa memudahkan kamu dalam membuat password dan mengingatnya, yaitu menggunakan layanan Password Manager.

Apa itu Password Manager?

Kamu bisa membayangkan Password Manager seperti buku yang menyimpan semua password yang kamu milik dan dikunci oleh satu password utama yang hanya kamu yang tahu.

Mungkin hal tersebut terdengar buruk. Misalnya bagaimana jika seseorang mendapatkan password utama kamu? Itu adalah ketakutan yang masuk akal dan rasional.

Namun dengan asumsi bahwa kamu telah memilih password utama yang kuat dan unik, tetapi dapat diingat, yang tidak digunakan di tempat lain, maka hal tersebut adalah cara yang hampir sempurna untuk melindungi layanan Password Manager yang kamu gunakan.

Password Manager tidak hanya menyimpan kata sandi saja, tetapi juga membantu kamu menghasilkan dan menyimpan kata sandi yang kuat dan unik ketika mendaftar ke situs web baru atau lainnya.

Cara kerja Password Manager ada dua cara bisa menyalin password secara otomatis atau manual. Jadi kalo manual, setiap kali kamu mengunjungi situs web atau aplikasi, kamu dapat menyalin kata sandi dari Password Manager dan menempelkannya di kolom yang tersedia.

Sedangkan otomatis, Password Manager bisa secara otomatis mengisi password yang kamu miliki. Banyak pengelola Password Manager di luar sana yang memiliki sinkronisasi terenkripsi di seluruh perangkat, jadi kamu dapat membawa password ke mana saja bahkan di ponsel.

Layanan Password Manager juga bisa membantu kamu untuk bantu mengganti semua password yang dimiliki secara periodik dan bahkan menilai apakah password kita mudah ditebak atau tidak.

Layanan Password Manager mana yang harus kamu gunakan?

Pada dasarnya semua layanan Password Manager melakukan sebagian besar tugas dengan metode dan keamanan yang sama. Tetapi mungkin ada aplikasi yang berbeda memiliki lebih banyak fitur yang relevan sesuai dengan yang kamu inginkan.

Ada beberapa layanan Password Manager yang sudah berjalan di sistem yang kamu gunakan. Seperti, siapa pun yang menjalankan iOS 11 atau lebih baru akan memiliki pengelola kata sandi secara default. Kamu dapat mensinkronisasi password di seluruh perangkat menggunakan iCloud Keychain.

Begitu juga dengan perangkat Android, Google memiliki layanan Password Manager yang akan menyimpan semua password yang kamu gunakan. Namun, kedua layananbuilt-in ini hanya bisa menyimpan dan tidak bisa untuk membuat password yang kuat dan unik.

Pilihan lain dari layanan pihak ketiga yang sebagian besar menawarkan jasanya gratis, dengan opsi untuk meningkatkan fitur yang lebih baik, jika berlangganan. Berikut daftar layanan yang bisa digunakan.

1. Lastpass

Jika ingin password kamu disinkronkan antar perangkat, LastPass adalah pilihan yang baik. Lastpass bisa digunakan untuk perangkat Android, iOS dan kompatibel untuk browser Firefox, Chrome, dan lainnya. Salah satu kelebihannya adalah dengan versi gratis sudah bisa menyimpan password tidak terbatas.

2. 1Password

1Password sudah digunakan secara luas dan terintegrasi dengan basis data Pwned Passwords Troy Hunt, sehingga kamu dapat mengetahui apakah password kamu yang sebelumnya telah bocor atau terekspos dalam pelanggaran data.

3. Dashlane

Dashlane juga memiliki layanan yang berfungsi pada perangkat seluler, memungkinkan kamu untuk membawapassword ke mana pun. Untuk layanan gratis bisa menyimpan 50 password untuk satu perangkat. Untuk berlangganan tidak ada batas penyimpanan dan ada fitur audit password dari kebocoran yang ada di dark web.

Seperti semua akun yang kamu miliki, layanan Password Manager juga punya kerentanan dan kelemahan yang berisiko. Tetapi selama kamu tetap memperbarui password layanan tersebut, risiko berkurang secara signifikan.

Related posts