Apa Benar Mereka yang Meninggal di Bulan Ramadhan Akan Masuk Surga?

  • Whatsapp
ilustasi Net

Penyanyi yang dijuluki sebagai The Godfather of Broken Heart yaitu Didi Kempot meninggal dunia di Rumah Sakit Kasih Ibu, Surakarta, pada Selasa (5/5/2020) atau bertepatan dengan 12 Ramadhan 1441 Hijriah.

Nah, membahas tentang meninggal di bulan Ramadhan, apakah banyak dari kalian mempertanyakan bahwa mereka yang meninggal di bulan Ramadhan akan masuk surga? Atau mereka akan memiliki keistimewaan layaknya mereka yang meninggal di hari Jumat?

Read More

Sebenarnya, ada hadis yang menjelaskan bahwa bagi hamba-hamba Allah SWT yang beriman dan meninggal dalam keadaan mengharapkan ridha Allah SWT atas segala amal perbuatan salehnya di dunia dan beriman akan masuk surga.

Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang mengatakan Laa IlahaIllalahdengan hanya mengharapkan ridha Allah lalu meninggal dalam keadaan seperti itu, maka dia masuk surga. Barangsiapa yang berpuasa suatu hari dengan hanya mengharapkan ridha Allah lalu meninggal dalam keadaan seperti itu, maka dia masuk surga. Barangsiapa yang bersedekah dengan suatu sedekah dengan hanya mengharapkan ridha Allah lalu meninggal dalam keadaan seperti itu, maka dia masuk surga.”
(HR Ahmad)

Tapi, apakah hadis tersebut menjelaskan bahwa mereka yang meninggal dalam keadaan beriman di bulan Ramadhan dapat masuk surga?

Jelas sekali secara spesifik kalau hadir di atas tidak menjelaskan hal itu. Tetapi, itu bisa saja terjadi di bulan Ramadhan tanpa terkecuali. Ini juga sejalan dengan mereka yang menjalani puasa kemudian meninggal, lalu akan masuk surga.

‚ÄúSiapa berpuasa sehari dan ikhlas karena Allah, serta menutup akhir hidupnya dengan ibadah itu, maka ia masuk surga.”
(HR. Ahmad)

Selain itu, setiap orang yang meninggal di bulan Ramadhan dalam keadaan sakit, juga masih memiliki utang puasa pada Ramadhan sebelumnya, pihak keluarga harus membayarkan fidyah.

“Apabila seseorang sakit di bulan Ramadan, kemudian mati dan belum membayar utang puasa, maka dia ganti dengan memberi makan (fidyah), dan tidak ada qadha. Namun, jika dia memiliki utang puasa nadzarmaka diqadhaoleh walinyaatas nama mayit.”
(HR. Abu Dawud)

Maka dapat disimpulkan bahwa, bagi mereka yang meninggal dalam keadaan beriman dan bertakwa kepada Allah SWT dan rasul-Nya, baik di bulan Ramadhan atau tidak, Allah SWT akan tetap memperhitungkan amalan baik yang telah diperbuat selama hidupnya. Bisa jadi mereka akan masuk surga. Wallahualam.

Related posts