Bukan Hanya Kurma, Ini 7 Buah yang Bermanfaat untuk Buka Puasa Ramadan

  • Whatsapp
ilustrasi Belimbing

Buah-buahan penting bagi tubuh kita agar mendapatkan serat dan berbagai vitamin. Jangan sampai di bulan Ramadan kebanyakan makan gorengan atau gula, tetapi lupa menyantap buah.

Mengkonsumsi buah-buahan di saat berbuka puasa merupakan pilihan terbaik, karena buah-buahan ini juga mengandung gula yang sehat dan baik bagi tubuh.

Read More

Contohnya kurma yang mengandung vitamin seperti A, B2, dan B12. Buah yang selalu hadir terdepan di bulan Ramadan ini memiliki kandungan gula alami yang cocok menggantikan gula putih.

Jika dibandingkan dengan berbagai makanan manis lainnya yang kerap disajikan saat berbuka puasa, buah justru tidak begitu banyak disukai dan sering dijadikan sebagai pilihan kesekian kalinya alias terakhir.

Agar tak lupa memakan buah, berikut ini buah-buahan yang bermanfaat dimakan saat buka puasa Ramadan.

1. Pisang

Buah yang terbilang memiliki jenis cukup banyak ini, menjadi pilihan tepat lainnya untuk menu berbuka puasa. Pisang memiliki banyak kandungan vitamin, antara lain vitamin A, B1, B2, dan juga vitamin C yang cukup tinggi.

Selain itu, buah lunak yang terasa manis ini juga memiliki kandungan Fosfor dan Kalsium yang baik bagi tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin tubuh selama berpuasa, menjadikan pisang sebagai menu berbuka puasa atau bahkan saat sahur adalah pilihan yang sangat tepat. 

2. Blewah

Buah yang sangat populer di bulan puasa ini menjadi pilihan menu berbuka yang tepat. Rasanya yang segar dan begitu lembut, membuat blewah banyak dijadikan sebagai campuran minuman ataupun sirup sebagai menu berbuka.

Buah yang mengandung vitamin A ini juga memiliki kandungan serat yang baik bagi pencernaan, sehingga sangat tepat untuk mengawali menu berbuka puasa lainnya.

3. Apel

Buah lezat yang memiliki kandungan vitamin yang cukup komplit ini juga akan menjadi pilihan yang tepat di saat berbuka puasa. Selain rasanya yang manis, apel juga memiliki kandungan vitamin A, B, dan juga C yang terbilang tinggi.

Tak heran bila buah ini dikenal sebagai buah yang mampu menangkal radikal bebas dan juga berbagai bakteri lainnya dari dalam tubuh. Konsumsi satu buah apel sehari, maka tubuh akan mendapatkan semua manfaat tersebut dengan baik.

4. Jeruk

Buah yang memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi ini tentu akan menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga stamina selama berpuasa. Jeruk akan memberikan sensasi segar, terutama jika dikonsumsi sesaat setelah berbuka puasa.

Setidaknya, satu buah jeruk setiap berbuka puasa akan memenuhi kebutuhan vitamin C di tubuh dengan baik. Rasanya yang manis dan segar juga sedikit asam membuat nyaman di mulut setelah seharian berpuasa.

5. Pepaya

Satu lagi buah yang kaya vitamin C dan juga serat alami, yakni pepaya. Buah yang kaya serat ini tepat untuk melengkapi menu berbuka puasa.

Buah lunak yang lezat ini bisa mamberikan sensasi segar dan nyaman pada saluran cerna. Sehingga tubuh juga terasa lebih baik selama berpuasa karena membuat pencernaan lebih sehat.

6. Semangka

Kesegaran buah yang satu ini tentu tak perlu dipertanyakan lagi. Semangka memiliki kandungan vitamin yag cukup lengkap, termasuk air dalam jumlah yang cukup banyak.

Hal inilah yang menjadi pertimbangan banyak orang untuk menjadikan buah ini sebagai menu pilihan saat berbuka. Makan satu buah setiap hari saja sudah cukup memenuhi kebutuhan tubuh.

7. Belimbing

Buah Belimbing / Sumber: iStock

Tak hanya bentuknya saja yang menarik, belimbing juga memiliki rasa unik dan manis. Buah ini mengandung vitamin C dan juga serat alami yang baik bagi pencernaan, sehingga tubuh akan terasa nyaman ketika menyantapnya saat berbuka puasa.

Lebih Menyenangkan jika Dikonsumsi secara Bergantian

Menjadikan buah-buahan sebagai menu berbuka puasa adalah keputusan yang tepat. Selain lezat, buah juga memiiki kandungan vitamin dan serat alami yang baik bagi pencernaan. Agar tidak membosankan, konsumsilah berbagai jenis buah ini secara bergantian selama bulan puasa nanti.

Related posts