Ini Amalan di Malam Lailatul Qadar Dari Rasulullah

  • Whatsapp

Salah satu malam yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam ketika bulan Ramadhan adalah Lailatul Qadar atau disebut juga malam seribu bulan. Waktu tersebut memiliki banyak keistimewaan dan tertulis di Alquran dalam surat Al Qadr.

Lailatul Qadar juga ada di dalam Alquran, namanya Surah Al Qadr dari ayat 1 sampai 5,” kata Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin kepada Okezone.

Read More

Berikut ini adalah Surah Al Qadr dari ayat 1-5:

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ – ١

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan.)

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِۗ – ٢

Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?

لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ – ٣

Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.

تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ – ٤

Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.

سَلٰمٌ ۛهِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ ࣖ – ٥

Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.

Surah Al Qadr sendiri merupakan surah ke-97 dalam Alquran, ayat ini juga termasuk golongan Makkiyah atau diturunkan di Kota Makkah.

Ustadz Ainul menjelaskan malam lailatul qadar memiliki banyak keutamaan dan hanya orang-orang terpilih lah yang akan mendapatkannya.

“Banyak keutamaannya saat Lailatul Qadar. Untuk itu kita menjalankan sunah memperbanyak doa pada malam tersebut, memohonlah kepada Allah segala kebaikan dan khususnya agar dosa-dosa kita dilebur dan diampuni Allah Ta’ala,” terangnya.

Diriwayatkan dari Sayyidah Aisyah Radhiyallahu ‘anha, Aisyah berkata : “Aku bertanya, “Ya Rasulullah. Apa pendapat engkau jika aku tahu kapan malam Lailatul Qadar (terjadi), apa yang harus aku dzikir-kan atau baca?” Nabi Muhammad SAW menjawab, “Ucapkanlah/berdoalah :

اللهم إنك عفو تحب العفو فاعف عني

Allahumma innaka ‘Afuwwun tuhibul ‘afwa fa’fu ‘anni

Artinya:”Ya Allah sungguhnya Engkau Maha Pengampun. Engkau suka memberi ampunan, maka ampunilah daku.” (HR.Tirmidzi 3760 dan HR.Ibnu Majah 3850)

Related posts