Mau Sahur Pakai Roti Gandum? Ayo Kita Cek Fakta Nutrisi yang Dikandungnya Yuk!

  • Whatsapp
Roti gandum/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Pineapple Studio

Memasukkan roti gandum ke dalam daftar makanan keluarga adalah cara mudah untuk menambah asupan gandum utuh harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Roti gandum, terutama roti gandum utuh adalah sumber yang kaya serat, mineral dan rendah lemak dan kolesterol.

Menurut Piramida Panduan Makanan Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA), setidaknya setengah dari kebutuhan biji-bijian harus dipenuhi dari biji-bijian utuh.

Read More

Menyiapkan hidangan sahur dengan roti gandum utuh tentunya bisa menjadi pilihan, ya Bun. Ada banyak kandungan dan nutrisi yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh. Selain itu, roti gandum juga memiliki manfaat untuk membuat rasa kenyang lebih lama.

Dilansir dari Live Strong, berikut beberapa fakta nutrisi yang terkandung dalam roti gandum:

Nutrisi Dasar

Menurut Basis Data Nutrisi Nasional Departemen Pertanian AS untuk Referensi Standar, dalam satu irisan roti gandum utuh, terkandung 69 kalori, yang 8 di antaranya berasal dari lemak. Selain itu, dalam satu irisan roti gandum juga tersedia 4 gram protein, 132 miligram (mg) natrium, 12 gram karbohidrat dan 2 gram gula.

Serat

Satu irisan roti gandum menyediakan 2 gram serat, yang merupakan 8 persen dari rekomendasi harian untuk 2.000 kalori. Dietary Guidelines for Americans 2005 juga merekomendasikan sebanyak 14 gram serat makanan untuk setiap 1.000 kalori.

Mengonsumsi makanan kaya serat terbukti bisa mengurangi risiko penyakit jantung koroner, mendorong fungsi usus yang tepat sehingga mengurangi sembelit, dan membuat rasa kenyang lebih lama, sehingga membantu mengurangi berat badan.

Mineral

Roti gandum merupakan sumber zat besi yang baik, yang penting untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan otot. Roti gandum juga merupakan sumber magnesium dan selenium yang baik, yang setiap satu irisannya terkandung masing-masing 23 gram magnesium dan 11 gram selenium.

Magnesium penting untuk fungsi otot serta untuk produksi energi dan produksi protein. Selenium diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat dan untuk mencegah kerusakan sel.

Lemak dan kolesterol

Roti gandum adalah pilihan rendah lemak dan rendah kolesterol. Satu irisannya hanya menghasilkan sekitar 1 gram lemak, tanpa lemak jenuh atau lemak trans. Ditambah lagi, roti gandum juga tidak mengandung kolesterol.

Menambahkan makanan rendah lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol ke dalam makanan dapat menjaga kadar kolesterol jahat (LDL) tetap rendah. Hal tersebut juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner.

Related posts