Jadi Trending Topic “Gaji 20 juta” Tapi Minta Bansos

  • Whatsapp
Twitter

“Gaji 20 juta” menjadi trending topic di Twitter. Topik ini dipicu oleh sebuah postingan di grup Facebook Pondok Gede oleh seorang warganet yang mengaku punya gaji 20 juta per bulan dan mengalami potongan 50 persen selama wabah virus korona baru COVID-19.

Menurut postingan itu, gaji Rp10 juta per bulan tidak cukup karena ada cicilan mobil Rp 4,5 juta dan KPR sekitar Rp 5 juta. “Saya mohon pemerintah perhatikan kami rakyat yang sampai saat ini belum dapat bansosnya, terima kasih,” tulis pria bernama AD tersebut.

Read More

Berikut tangkapan layar postingan yang disebarkan di Twitter dan menjadi viral tersebut: 

Dalam waktu singkat, pembahasan soal gaji Rp 20 juta per bulan ini dibahas oleh seribu cuitan di Twitter.

Namun postingan minta bantuan sosial ini agaknya hanya rekaan. Pada saat yang sama ada tulisan yang sama persis diposting di Facebook oleh akun berinisial “YI”. Namun dalam postingannya, ia menandai akun pemerintah provinsi Makassar. 

Sebagian netizen memandang hal ini cuma sarkasme belaka. Walau ada juga yang menanggapinya dengan serius. 

Sebelumnya juga sempat heboh soal “Gaji 80 Juta” yang juga menjadi trending topic di Twitter. Pemicunya adalah cuitan berikut ini:

Terlepas dari seberapa besarnya gajimu, krisis sepertu wabah korona bisa memukul kondisi keuangana pribadi. Karena itu disarankan mengelola pendapatan dengan formula 40-30-20-10, yakni:

40% untuk biaya hidup dan pengeluaran rutin, seperti kebutuhan makan sehari-hari, air, listrik, transportasi, pulsa, internet, dan lainnya.

30% untuk cicilan dan tagihan. Contohnya, cicilan rumah, kendaraan, dan peralatan untuk kebutuhan wajib.

20% untuk tabungan/simpanan, asuransi, dana darurat, maupun investasi.

10% untuk kebaikan yakni beramal, sedekah, donasi, maupun berzakat. Kamu bisa mengurangi persentase 10% ini sesuai pendapatan, namun usahakan tiap bulan tetap ada.

Related posts