Perbanyak Pahala! 6 Amalan yang Bisa Anda Lakukan Saat Bulan Ramadan

  • Whatsapp
shutterstock/ neelsky

Saat ini, seluruh umat muslim di berbagai penjuru dunia sedang melaksanakan ibadah puasa. Pada fase-fase kita dalam menjalankan ibadah puasa tentunya kita sudah bisa lebih baik dalam menjalankan puasa ramadan, menahan haus dan lapar dari subuh hingga magrib.

Lalu, bagaimana dengan amalan dan ibadah yang lain? Apakah di antara kita sudah mengerjakan salat sunah dan sunah-sunah yang lain?

Read More

Jika belum, hendaknya kita sebagai umat muslim yang bertaqwa sebaiknya terus memperbanyak amalan kita pada saat Bulan Ramadan ini. Mumpung masih banyak hari-hari ramadan yang kita jalani.

Untuk mengetahui secara lebih rinci, berikut kami rangkum 6 amalan yang bisa Anda lakukan saat bulan Ramadan, yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Memperbanyak Salat Sunnah

Amalan yang bisa Anda lakukan saat bulan Ramadan adalah memperbanyak salat sunnah. Jangan lewatkan bulan ramadan dengan berdiam diri, bermain atau bahkan bermalas-malasan. Selain salat wajib di awal waktu, dirikanlah sholat sunnah.

Amalan dan ibadah ini menjadi sumber pahala bagi kita, sebab selama ramadan, pahalanya dilipat gandakan. Selain salat sunnah rawatib, qobliyah, dan sholat tarawih, mengerjakan salat malam atau tahajud di bulan ramadan pahalanya juga berkali-kali lipat.

Maka sebab itu, memperbanyak salat sunnah akan sangat dianjurkan untuk memperbanyak amalan kita saat bulan Ramadan tiba.

2. Perbanyak Membaca Alquran

Amalan yang bisa Anda lakukan saat bulan Ramadan selanjutnya adalah memperbanyak membaca Alquran. Puasa Ramadan tahun ini sebagian besar dari kita melaksanakan di rumah saja. Ini menjadi waktu yang tepat untuk memperbanyak membaca Alquran.

Apalagi bila disertai dengan meresapi arti dan makna dari setiap ayat yang dibaca, maka kita bisa lebih khusyuk lagi dalam menunaikan amalan ini.

“Barang siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al Quran), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Satu kebaikan akan dilipatkan menjadi sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Namun, alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf,” (HR. At-Tirmidzi)

3. Memperbanyak Zikir dan Doa

Amalan yang bisa dilakukan saat bulan Ramadan selanjutnya adalah memperbanyak zikir dan doa. Amalan ini pada umumnya tidak banyak menyita waktu dan tenaga, tetapi akan memiliki pahala yang amat besar.  

Lakukan secara rutin setelah sholat 5 waktu maupun sholat sunnah. Ketika sedang dalam perjalanan maupun bekerja sekalipun bisa sambil berzikir dan berdoa.

Selain itu, ada tiga waktu mustajab untuk berdoa, yakni saat berbuka, karena seorang yang berpuasa saat ia berbuka memiliki doa yang tak ditolak; sepertiga malam terakhir saat Allah turun ke langit dunia; dan beristighfar di waktu sahur.

4. Perbanyak Taubat

Sebagai manusia, kita memang tak pernah luput dari yang namanya kesalahan dan dosa. Maka dari itu, di bulan ramadan ini, amalan yang bisa Anda lakukan saat bulan Ramadan adalah memperbanyak taubat dan memohon ampunan-Nya.

Mohon ampunan atas dosa-dosa kita, orang tua, saudara-saudara kita, para pemimpin bangsa dan pendahulu kita. Bahkan untuk mereka yang bersungguh-sungguh akan diibaratkan seperti bayi yang baru lahir, yaitu suci tanpa dosa.

5. Infaq dan Sedekah

Amalan yang bisa Anda lakukan saat bulan Ramadan yang selanjutnya adalah infaq dan sedekah. Rasulullah SAW merupakan orang yang paling dermawan di antara manusia lainnya.

“Apabila telah tiba bulan ramadan, maka perbanyaklah berinfaq, karena infaq di bulan ramadan dilipatgandakan bagaikan infaq di jalan Allah, dan tasbih di bulan ramadan lebih utama daripada tasbih di bulan yang lain.”  

Maka dari itu, kita sebagai umat muslim sudah semestinya untuk mencontoh beliau di bulan yang penuh barakah ini. Caranya dengan perbanyak sedekah, baik untuk kepentingan fisabilillah maupun kaum dhuafa dan fakir miskin.

Nah, salah satu bentuk sedekah yang dianjurkan selama Ramadan ini adalah dengan memberikan ifthar (hidangan berbuka puasa) kepada orang-orang yang berpuasa.

6. Zakat

Zakat merupakan rukun islam yang keempat dan menjadi kewajiban setiap umat muslim. Zakat merupakan amalan yang bisa Anda lakukan saat bulan Ramadan tiba. Bagi umat muslim yang telah memenuhi persyaratan, wajib baginya untuk mengeluarkan zakat kepada golongan yang membutuhkan.

Terdapat macam-macam zakat dan ketentuannya yang sepatutnya dipahami oleh seluruh umat Islam agar tidak keliru memaknainya.
Contohnya adalah zakat maal (harta) yang merupakan pemberian zakat dari pendapatan umat Islam, misalnya dari perdagangan, pertanian, hasil laut, ternak, dan lain sebagainya. Setiap jenis penghasilan umat Islam tersebut dihitung dengan cara tersendiri.

Sedangkan yang selanjutnya yaitu  zakat fitrah disebut juga dengan zakat Nafs (jiwa), yaitu zakat yang wajib dilakukan oleh setiap muslim pada bulan suci Ramadan atau ketika menjelang Hari Idul Fitri. Adapun ketentuan besar zakat yang dikeluarkan per jiwa adalah sebanyak satu sha’ atau minimal 2,5 kilogram atau 3,5 liter makanan pokok di daerah tertentu. Jika dirupiahkan itu sekitar Rp45.000 per orang.

Related posts