Dugaan Virus Korona Berasal dari Kelelawar Tapal Kuda

  • Whatsapp
Kelelawar Tapal Kuda

Virus korona baru atau SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit Covid-19 sempat disebut-sebut berasal dari kelelawar. Meski saat itu belum bisa dipastikan, tapi penelitian terhadap kelelawar terus dilakukan.

Yang terbaru, ilmuwan dari Hongkong menemukan fakta yang menyebut SARS-CoV-2 yang memicu pandemi Covid-19 kemungkinan besar berasal dari kelelawar yang ditemukan di Asia. Studi baru tersebut dilakukan oleh University of Hong Kong (HKU).

Read More

Departemen mikrobiologi universitas menciptakan sekelompok sel yang menyerupai usus kelelawar tapal kuda, spesies yang ditemukan di Tiongkok, India, Nepal, dan Vietnam.
Para peneliti berhasil menginfeksi struktur sel dan kaitannya dengan virus SARS-CoV-2.

Dilansir dari AsiaOne, Jumat (15/5), penelitian telah menemukan spesies kelelawar ini membawa virus seperti yang menyebabkan sindrom pernafasan akut yang parah (Sars) dan yang mirip dengan SARS-CoV-2. “Kelelawar tapal kuda Tiongkok mungkin benar-benar sumber asli SARS-CoV-2,” kata ahli mikrobiologi Dr Yuen Kwok-yung, yang memimpin penelitian ini, dalam publikasinya.

Studi ini, yang juga dipimpin oleh Asisten Profesor Jane Zhou Jie, diterbitkan dalam jurnal internasional pada hari Rabu (13/5) lalu. Tetapi Yuen mengatakan penelitian lebih lanjut perlu dilakukan di alam liar untuk mengkonfirmasi asal virus.

Studi ini dilakukan pada spesies kelelawar karena diketahui sebagai pembawa banyak virus korona. Seperti diyakini sebagai inang alami virus yang memicu Sars pada 2003.

Related posts