Tata Cara Sholat Taubat di Malam Lailatul Qadar

  • Whatsapp
Cara Sholat Taubat

SETIAP orang pasti tidak luput dari kesalahan, baik disengaja maupun tidak. Oleh karena itu kita dianjurkan untuk melakukan sholat taubat, dengan mengakui kesalahan kepada Allah dan berjanji untuk tidak mengulangi lagi.

Pengasuh Lembaga Pengembangan Da’wah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah, Yahya Zainul Ma’arif mengatakan, sholat taubat merupakan sholat sunah yang dilakukan untuk memohon ampunan Allah dari segala dosa perbuatan semasa hidup.

Read More

“Ada sholat taubat seperti sholat hajat. Jadi kalau orang kalau merasa berdosa dan ingin diampuni oleh Allah mengambil air wudhu dan melakukan sholat dua rakaat kemudian memohon kepada Allah, Ya Allah ampuni dosaku” kata pria yang akrab disapa Buya Yahya ini dalam channel YouTube, Al-Bahjah TV, Kamis (14/5/2020).

Sementara itu Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin menambahkan, pada bulan Ramadhan, umat Islam dianjurkan agar memperbanyak berdoa agar diampuni segala dosa-dosa yang dilakukan. Terlebih dilakukan saat menyambut malam lailatul qadar.

“Kebahagiaan mana yang bisa menggantikan seseorang di mata Allah Ta’ala kecuali dia dimaafkan Allah, diampuni dosanya, menjadi bersih dan suci, dan ketika kita kembali menjadi tawabin, menjelma menjadi mutatohirin, menjadi orang yang bertaubat dan diterima taubatnya,” katanya , Kamis (14/5/2020).

Nah berikut ini adalah tata cara sholat taubat yang bisa diakukan, khususnya dalam menyambut kedatangan malam lailatul qadar:

1. Membaca niat sholat taubat:

أُصَلِّي سُنَّةَ التَّوْبَةِركعتين مستقبل القبلة لله تعالى

Usholli sunnatat taubati rok’ataini mustaqbilal qiblati lillahitaala

Artinya: “Saya berniat salat sunah tobat dua raka’at dengan menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”

2. Melakukan takbiratul ihram dan membaca doa iftitah seperti pelaksanaan sholat pada umumnya

3. Membaca Surah Al fatihah dan Surah lainnya yang ada di dalam Alquran

4. Rukuk dan tuma’ninah

5. Sujud dengan tuma’ninah

6. Kemudian berdiri kembali melanjutkan rakaat kedua dengan gerakan yang sama. Jumlah rakaat sholat taubat sebanyak 2 rakaat

7. Pada rakaat terakhir membaca tahiyat akhir, setelah itu salam

8. Terakhir adalah istighfar sebanyak mungkin membaca doa sholat taubat:

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Robbana dholamna anfusana waillam taghfirlana watarhamna lana kuunanna minal khosirin

Artinya: “Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi.”

Related posts