Nekat Manipulasi Kwh Meter ! ini Sanksinya

  • Whatsapp
Ilustrasi Listrik Token

JAKARTA – Membayar tagihan listrik masih menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian warga. Bahkan, terdapat juga aksi nekat yang dilakukan untuk mendapatkan tarif listrik yang murah.

Biasanya, masyarakat awam masih percaya kalau mereka bisa mendapatkan tarif listrik murah dengan mengutak-atik kwh meter. Padahal, alih-alih agar mendapatkan tagihan listrik yang lebih murah, hal ini bisa meningkatkan risiko bahaya.

Read More

Melansir akun Instagram PLN @pln_disjaya pada Senin (18/5/2020), mempengaruhi kwh meter dapat membuat fungsi pengamanan kwh meter menjadi rusak.

Sehingga, saat terjadi lonjakan daya karena korsleting, kwh meter tidak dapat memutus aliran listrik secara otomatis. Dampaknya, kwh meter tidak bisa meminimalisir risiko kebakaran.

Selain itu, PLN menegaskan, mempengaruhi kwh meter akan menjadi pelanggaran yang akan merugikan seluruh pengguna listrik alias Electrizen. Adapun sanksi yang akan diberikan PLN adalah sebagai berikut.

1. Terkena Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL) dan denda tagihan susulan.

2. Pemutusan listrik sementara.

3. Pembongkaran rampung kwh meter.

Nah, enggak ada yang menguntungkan sama sekali bukan? Yang ada malah rugi banget! Jadi, bijaklah dalam menggunakan listrik sesuai ketentuan. Sehingga bukan cuma nyaman, tetapi juga aman

Related posts