Oppo Rekrut Karyawan Mediatek Dan Unisoc Untuk Pengembangan Chipset

  • Whatsapp
Oppo ilustrasi

Nampaknya, saat ini Oppo mempunyai sebuah gagasan untuk membuat chipset buatan mereka sendiri. Walau begitu, hal ini bukanlah hal baru dikalangan para vendor smartphone yang ada, terutama vendor asal China.

Walaupun begitu, sejauh ini, Huawei adalah satu-satunya perusahaan di Cina yang sukses dengan divisi chip milinya sendiri melalui Hisilicon Kirin miliknya, berbeda dengan Xiaomi yang gagal melalui Chipset Surge S1 mereka yang disematkan pada Mi 5C  miliknya.

Read More

Pada rumor terbaru  yang beredar saat ini, mengindikasikan bahwa Oppo juga akan mencoba hal ini. bahkan dalam sebuah laporan, mereka saat ini telah mempekerjakan Jeffery Ju, mantan co-chief operating officer MediaTek.

Selain itu, perusahaan ingin menyewa seorang eksekutif puncak dari chip smartphone 5G MediaTek dalam beberapa bulan. Perusahaan juga memiliki rencana untuk merekrut eksekutif dari Qualcomm serta divisi HiSilicon Huawei.

Oppo berasalah jika mereka memiliki kemampuan desain chip, itu akan memberinya kontrol lebih besar terhadap rantai pasokan. Saat ini, perusahaan menggunakan chip MediaTek dan Snapdragon di smartphone mereka. Tapi ini mungkin berubah dalam beberapa bulan mendatang.

Terlepas dari inyur MediaTek, saat ini, perusahaan juga telah merekrut banyak insinyur dari pengembang chip ponsel terbesar kedua di China, yaitu Unisoc. Perusahaan ingin membuat tim pengembangan chip ponsel yang berpengalaman di Shanghai.

Meskipun ini tampaknya menjanjikan, sumber itu juga menyatakan bahwa mengembangkan chip adalah strategi yang berisiko. Butuh beberapa tahun untuk matang dan perusahaan dapat membakar banyak uang dalam prosesnya.

Dalam sebuah wawancara dengan Nikkei Asian Review, Jumat(29/5/2020), Oppo mengatakan bahwa mereka sudah memiliki kemampuan terkait chip dan bahwa setiap investasi litbang adalah untuk memperkuat daya saing produk dan pengalaman pengguna.

Related posts