Viral Masker Berserakan di Pantai Australia, Ternyata Ini Penyebabnya

  • Whatsapp
ilustrasi pantai

Pagi hari kemarin, Rabu (27/5), warga kota Sydney, Australia, terbangunkan dengan pemandangan yang mengejutkan ketika mereka mulai pergi ke pantai untuk berjemur dan berolahraga. Pantai Bondi, salah satu situs favorit turis dan warga lokal, terlihat dipenuhi oleh masker bedah yang tersebar di sepanjang pesisir. Sejumlah barang lain seperti wadah plastik juga terlihat berserakan mengkotori pantai itu.

Awalnya warga mengira ini akibat ulah orang-orang membuang sampah sembarangan ke laut, tetapi setelah ditelusuri ternyata karena adanya kecelakaan yang dialami sebuah kapal kontainer pada akhir pekan kemarin.

Sebuah kapal kargo yang dioperasikan oleh APL England pada Minggu (24/5) dilaporkan telah kehilangan 40 kontainer yang diangkutnya ketika dalam perjalanan dari Tiongkok menuju Melbourne akibat cuaca buruk di laut. 74 kontainer lainnya ikut rusak dan roboh di dek kapal, sementara sembilan kontainer lainnya dilaporkan kini dalam posisi menonjol ke luar dari badan kapal.

Kontainer yang hilang berisi berbagai barang termasuk peralatan rumah tangga, bahan bangunan, masker, persediaan medis, hingga kursi-kursi pesawat. 

Barang-barang tersebut dan juga serpihan-serpihan kontainer kemudian hanyut ke pesisir pantai sebelah timur Australia seperti Pantai Bondi, Long Bay, Central Coast, Malabar dan beberapa lainnya. Ketika petugas hadir untuk memeriksa kondisi pantai seperti yang dilaporkan para warga lokal, serpihan dan barang yang berserakan di pantai-pantai itu cocok dengan laporan manifes kargo yang hilang di laut, sekitar 70 kilometer dari dataran Australia.

Akibatnya, sejumlah pantai di pesisir timur Australia kini telah ditutup untuk dibersihkan dari serpihan-serpihan karena dapat membahayakan para pengunjung. Otoritas setempat mengatakan kemungkinan ada pantai yang akan ditutup untuk publik selama seminggu karena banyaknya sampah yang harus dipungut.

Tidak memakan waktu lama bagi warga lokal dan sejumlah komunitas pemerhati lingkungan seperti Australian Seabird Rescue untuk turun ke lapangan dan membantu petugas membersihkan pantai kesayangan mereka dari sampah. Orang-orang yang datang ke pantai berencana untuk berenang dan berselencar di pagi hari pun ikut terjun dalam aksi bersama itu.

“Barang-barang ini tidak akan terurai dan akan tinggal di sana untuk waktu yang lama. Hewan-hewan ini di lautan akan memilih untuk mengkonsumsi banyak karena mengiranya sebagai makanan. Mereka tidak menyadari bahwa apa yang disediakan lautan tidak baik untuk mereka,” jawab koordinator sukarelawan Cathy Gilmore ketika alasan dibalik aksi kerja bakti mereka di pantai pada pagi hari ini, seperti dilansir dari ABC News.

Kini kapal kargo itu telah berlabuh di Brisbane sambil menunggu diselidiki oleh Otoritas Keselamatan Maritim Australia untuk menentukan apakah kontainer telah ditumpuk dan diamankan dengan benar di atas kapal, dan apakah ada peraturan lingkungan yang dilanggar.

Related posts