Kemenag Akan Seleksi Ulang Petugas Haji Tahun Depan

  • Whatsapp
ilustrasi mekah

Kementerian Agama (Kemenag) RI akan melakukan seleksi ulang terhadap petugas haji. Hal ini menyusul tidak diberangkatkannya calon jemaah haji tahun 2020.

“Di seleksi lagi, jadi di dalam keputusan Menteri Agama itu juga disebutkan tentang petugas-petugas itu termasuk misalnya jemaah haji yang bertugas daerah itu ya itu semuanya itu dibatalkan dulu uangnya juga dikembalikan kepada provinsi masing-masing,” ucap Juru Bicara Kemenag RI, Oman Fathurahman dalam live kumparan, Rabu (3/6).

Read More

Oman mengatakan, nantinya proses seleksi itu masih dilakukan dengan metode yang sama, mulai pembinaan hingga pelatihan ke petugas haji.

Oman menyebut, tak menutup kemungkinan petugas haji yang harusnya berangkat tahun ini mendapat undangan untuk mengikuti pembinaan dan pelatihan langsung oleh Kemenag.

“Nanti tahun depan itu akan dilakukan lagi tentu akan dilakukan seleksi kemudian pembinaan pelatihan tetapi tentu saja saya kira dari Kementerian Agama (Kemenag) juga akan mencatat bahwa mereka yang sudah lulus tahun ini, kan ada rekamannya ada catatannya ya mungkin saja akan mendapatkan apa namanya undangan sendirilah untuk mengikuti prosesnya yang jelas kita akan memproses sesuai ketentuan,” kata dia.

Pelaksanaan ibadah haji tahun 2020 ditiadakan. Menteri Agama Fachrul Razi menginformasikan bahwa peniadaan ini terkait dengan pandemi virus corona yang masih melanda Tanah Air maupun Arab Saudi.

Bagi jemaah haji khusus dan reguler yang sudah melunasi biaya perjalanan haji tahun ini akan menjadi jemaah haji tahun 2021. Adapun setoran yang telah dibayarkan akan disimpan terpisah oleh Badan Pengelola Ibadah Haji (BPIH)

Related posts