Viral, Data Telkomsel soal Banyak Mahasiswa Akses Netflix Bikin Warganet Bingung

  • Whatsapp
Netflix

Operator seluler Telkomsel tengah ramai diperbincangkan oleh warganet hingga menjadi trending topic di Twitter pada hari ini, Rabu (3/6). 

Tren ini dipicu setelah banyak “netizen +62” soroti berita mengenai Telkomsel yang mengatakan bahwa lebih banyak mahasiswa yang mengakses Netflix ketimbang aplikasi belajar. Berita itu diungkap pada pertengahan April lalu namun kembali viral setelah banyak yang menyebar kembali, seperti akun @Cittairlanie kemarin, hingga disukai lebih dari 24 ribu orang.

Read More

Berita yang dimaksud itu diterbitkan oleh Kompas.com yang mengutip Komisaris Independen PT Telkom Indonesia, Marsudi Wahyu Kisworo, mengatakan bahwa data statistik trafik yang dimilikinya menunjukkan bahwa mahasiswa lebih banyak menonton Netflix ketimbang membuka situs edukasi setelah sistem belajar-mengajar beralih online akibat pandemi Covid-19.

Ia menyayangkan mahasiswa lebih banyak memanfaatkan kuota internetnya untuk mengakses hiburan daripada belajar, lantaran Telkomsel telah bekerja sama dengan sejumlah penyedia jasa belajar online.

Namun, screenshot gambar di atas telah membuat banyak warganet heran bagaimana Telkomsel bisa mendapati banyak  mahasiswa mengakses Netflix lewat Telkomsel. Seperti yang diketahui, Telkomsel memblokir akses Netflix sehingga para penggunanya. Namun memang banyak yang mengakali pemblokiran itu memakai memakai virtual private network (VPN).

Namun, akun @NirifaEdu melalui sebuah thread di Twitter telah mencoba untuk menjawab pertanyaan tersebut. Menurutnya meski tidak bisa membaca IP, namun tetap bisa mengetahui DNS alias domain Netflix.

Statista, sebuah situs penyedia market data, mencatat Netflix pada 2019 memiliki 481.450 pelanggan di Indonesia. Pada 2020, Statista memprediksi jumlah pelanggan Netflix naik menjadi 906.800

Related posts