Mantap !! Xiaomi Bakal Pakai Sensor Kamera 108MP Terbaru dari Samsung

  • Whatsapp
xiomi ilustrasi

Xiaomi dilaporkan akan kembali menggunakan sensor kamera terbaru besutan Samsung. Laporan itu menyebut Xiaomi akan menggunakan sensor itu lebih dulu ketimbang Samsung sendiri.

Dikutip dari Slash Gear, Senin (8/6/2020), sensor baru ini disebut akan memiliki nama ISOCELL Bright HM2. Sama seperti pendahulunya, sensor ini memiliki resolusi 108MP tapi dengan beberapa perbedaan, seperti penggunaan teknologi Nonacell yang ada di Galaxy S20 Ultra.

Read More

Selain itu, sensor ini juga memiliki kemampuan untuk mengambil gambar hingga 12x optical zoom dan 120x digital zoom. Kabarnya, sensor ini akan digunakan di Xiaomi Mi CC10 Pro.

Kendati demikian, informasi lain seputar sensor ini belum diketahui. Namun sejumlah prediksi menyebut sensor anyar ini akan hadir dengan peningkatan yang cukup signifikan, dan ada kemungkinan Samsung memiliki beberapa varian yang dapat digunakan pula untuk manufaktur lain.

Selain Xiaomi, Samsung kemungkinan juga akan memakai sensor ini untuk perangkatnya sendiri. Menurut laporan terbaru, Galaxy Note 20 Plus disebut akan memiliki kamera 108MP yang dilengkapi dengan sensor fokus laser, yang menggantikan ToF.

Perlu diketahui, ini merupakan kali kedua Xiaomi menggunakan sensor kamera 108MP dari Samsung. Sebelumnya, perusahaan asal Tiongkok itu juga memakai ISOCELL Bright HMX sebagai sensor 108MP pertama dari Samsung.

Samsung Sedang Kembangkan Sensor Kamera 600MP

Sebelumnya Samsung juga memaparkan rencananya untuk mengembangkan sensor kamera 600MP. Informasi itu diungkap langsung oleh internal perusahaan beberapa waktu lalu. 

“Perusahaan menargetkan untuk membuat sensor kamera 600MP,” tulis Yongin Park, selaku Head of Sensor Business Team at Samsung, sebagaimana dikutip dari blog resmi Samsung. 

Ia mengatakan, “sensor ini akan memiliki kemampuan menangkap gambar lebih detail ketimbang mata manusia.” Park menjelaskan, mata manusai berkemampuan menangkap gambar objek setara dengan sensor kamera 500MP.

Karena itu, dia dan timnya sedang berusaha mengembangkan sensor yang melampaui kemampuan tersebut.

Kembangkan Sensor Pendeteksi Lainnya

Selain mengembangkan sensor kamera megapiksel tinggi, Samsung juga sedang meneliti teknologi sensor yang dapat mendeteksi panjang gelombang cahaya di luar kemampuan mata manusia.

Mengandalkan cahaya ultraviolet, sensor ini dapat mendeteksi sel kanker, dan sensor inframerah untuk memotret dalam kondisi cahaya minim.

Tentunya, sensor kamera 600MP ini ditujukan untuk dipasang ke smartphone baru milik perusahaan mendatang.

Namun, bukan hal yang tak mungkin perusahaan akan memperluas sensornya ini ke lebih banyak perangkat.

Related posts