Penjualan Ponsel Anjlok 20% Gara-Gara Pandemi Covid-19

  • Whatsapp
ilustrasi HP Baru

Pandemi Covid-19 mempengaruhi berbagai industri, termasuk industri ponsel. Penjualan ponsel di kuartal pertama 2020 turun sekira 20 persen.

Dilansir Techtarget, Gartner melaporkan minggu ini bahwa penjualan smartphone global kuartal pertama 2020 turun 20,2% dibandingkan dengan kuartal pertama 2019.

Read More

Anshul Gupta, analis riset senior di Gartner, mengatakan ini adalah penurunan terburuk yang pernah terjadi di pasar. Dia mengaitkan penurunan tersebut dengan gangguan rantai pasokan dan melemahnya permintaan.

“Telah ada penurunan dalam pengeluaran bisnis untuk smartphone, meskipun penurunan permintaan dari pengguna bisnis tidak sebanyak dari pelanggan,” katanya.

Tiga produsen telepon teratas semuanya mengalami penurunan pada kuartal pertama tahun 2020. Produsen ponsel ini seperti Samsung, Huawei dan Apple mengalami penurunan masing-masing sebesar 22,7%, 27,3% dan 8,2%.

Para ahli mengatakan, pasar harus sedikit pulih dalam waktu dekat. Gupta mengatakan Gartner memperkirakan penjualan ponsel cerdas lebih rendah pada tahun 2020 dibandingkan tahun 2019, tetapi penjualan akan cenderung lebih tinggi saat tahun berjalan dan masalah terkait pandemi yang memudar.

“Permintaan harus meningkat pada [paruh kedua 2020], dan kami memproyeksikan pertumbuhan positif pada 2021,” katanya.

Related posts