Video Kondisi Pencernaan Setelah Makan Mi Instan

  • Whatsapp
ilustrasi mie instan

Warning buat mereka yang terlalu sering konsumsi mi instan!

Sampai saat ini mi instan dianggap sebagai makanan penolong bagi mereka yang kebetulan tidak memiliki uang banyak, salah satunya anak kost. Cukup rebus atau seduh dengan air hangat dan racik sama bumbu yang tersedia, mi instan pun siap untuk disantap.

Read More

Seperti yang kita tahu, di luar sana banyak sekali variasi yang dihadirkan produsen mi instan demi menarik pembeli, mulai dari rasa, hingga harganya yang murah meriah.

Namun dibalik sisi ekonomis itu, ternyata mi instan juga dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan serius buat mereka yang terlalu sering mengkonsumsinya.

www.youtube.com
www.youtube.com

Menyikapi kabar miring tersebut, para peneliti asal Amerika Serikat pun mencoba untuk melihat apa yang terjadi di dalam perncernaan setelah mengonsumsi mi instan lewat teknologi ‘pil pintar’. Pil pintar sendiri adalah sebuah kamera seukuran pil multivitamin yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia.

Dalam rekaman video cuplikan berita yang tayang tahun 2013 itu, terlihat jelas perut kita berjuang keras untuk menggilingnya, dan proses ini memakan waktu hampir 20 menit.

www.youtube.com
www.youtube.com

Dari rekaman ini pula para peneliti berkesimpulan jika mi instan mengandung beberapa zat berbahaya, seperti butylhydroquinone, atau dikenal sebagai TBHQ.

Dilansir dari Boredomtherapy.com, efek samping paling mengerikan dari TBHQ adalah merusak proses dalam sistem pencernaan. Artinya, zat kimia ini bisa tinggal di dalam tubuh dalam waktu lama. Simak rekamannya:

Umumnya tubuh membutuhkan waktu enam hingga delapan jam untuk memproses makanan hingga kita bisa buang air besar secara teratur. Namun tidak demikian dengan mi instan, makanan ini justru membutuhkan waktu yang lama agar bisa dicerna oleh tubuh kita.

Tidak ada salahnya mengkonsumsi mi instan, tapi ingat jangan terlalu berlebihan karena sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik bagi kita.

Related posts