NASA Tunda Peluncuran Teleskop Penerus Hubble akibat Pandem

  • Whatsapp
Ilustrasi roket

NASA kembali menunda peluncuran James Webb Space Telescope (JWST). Kali ini penundaan terjadi karena virus corona (Covid-19) berdampak pada kru kerja.

Pada awalnya, teleskop dijadwalkan meluncur pada Maret 2021 usai sejumlah penundaah. Namun, NASA associate administrator for science Thomas Zurbuchen mengatakan dalam pertemuan Space Studies Board of the National Academies, Covid-19 menyebabkan pekerjaan tidak sesuai jadwal.

Read More

“Tentu kami tidak akan meluncurkan pada Maret. Itu tidak ada dalam card sekarang. Penundaan bukan karena melakukan kesalahan,” kata Zurbuchen yang dikutip dari Engadget, Sabtu (13/6/2020).

Tanggal peluncuran Maret 2021 tampak ambisius sebelum Covid-19. Namun, laporan Januari dari Goverment Accountability Office mengatakan, tanggal tersebut mungkin tidak layak berdasarkan penilaian rinci, biaya, dan jadwal.

Usai pendemi melanda, Space News melaporkan NASA dan kontraktor Northrop Grumman memangkas pekerjaan kru dari 12, 10 jam per minggu menjadi lima, depalan jam per minggu. Pekerjaan masih berlangsung saat ini.

Zurbuchen mengatakan, dia berharap teleskop masih dapat diluncurkan pada 2021. Pada Selasa lalu, NASA berhasil menguji bagian yang dapat diperpanjang dari perangkat Deployable Tower Assembly.

JWST adalah observatorium infrared yang mengorbit dan dianggap sebagai penerus Hubble Space Telescope. Proyek ini telah mengalami beberapa keterlambatan karena kerumitan konstruksi yang dibutuhkannya.

Related posts