Trending Topic Twitter Jouska, Dipicu Heboh Biaya Persalinan Rp 88 Juta

  • Whatsapp
ilustrasi bayi meninggal

Konsultan keuangan independen Jouska tengah ramai dibicarakan warganet hari ini (17/6) hingga menjadi trending topic di Twitter.  Tren ini dipicu oleh posting Jouska yang menghitung total biaya persalinan anak hingga mencapai usia satu tahun mencapai Rp 166 juta.

Perusahaan yang didirikan pada 2013 oleh CEO dan founder Aakar Abyasa bersama dua rekan lainnya ini tengah hits di kalangan generasi milenial lantaran sering memberikan saran cara mengelola keuangan melalui postingan di akun media sosialnya. Jouska juga membantu klien mengatasi masalah finansial seperti restukturisasi utang, perpajakan, dan riset investasi.

Read More

Namun postingan kali ini mengundang rasa heran hingga warganet mempertanyakan hitungan itu. Terutama, soal biaya persalinan yang mencapai Rp 88 juta. Biaya lainnya yang tergolong besar adalah untuk imunisasi (vaksin) yang mencapai Rp 18,2 juta, dan biaya-biaya lain Rp11,2 juta.

Netizen pun banyak memberikan aneka komentar menanggapi angka yang dinilai fantastis itu. Ada yang menganggap penilaian tersebut justru membuat orang takut dan ragu untuk berkeluarga.

Ada juga yang menduga biaya persalinan yang mahal itu karena dilakukan di luar negeri, sehingga ketika dikonversikan ke Rupiah menjadi tergolong mahal. Netizen lainnya ada yang memberi solusi agar bersalin ke daerah saja agar biayanya lebih murah

Dihujani banyak pertanyaan mengenai biaya kelahiran itu, Jouska akhirnya membuka data rinciannya. Ternyata, biaya persalinan puluhan juta yang disebut dikeluarkan oleh seorang bernama Sekar itu karena sang ibu menjalani operasi caesar sebesar Rp 45 juta.

Selain itu, pihak konsultan keuangan itu juga membeberkan adanya biaya dokumentasi yang menggunakan jasa fotografer di masa ibu tengah mengandung dan di saat proses kelahiran anak. Adanya dua kali pemrotetan itu menelan biaya sebesar Rp 12 juta.

Ada pun kontrol check up ke dokter kandungan (sebanyak 15 kali) dan konsumsi vitamin (asam folfat, penambah darah/besi, kalsium, vitamin D) selama hamil memakan biaya Rp 25 juta. 

Dalam posting lain yang diunggah di Instagram, Jouska menjelaskan bahwa sosok Sekar menjalani persalinan di salah satu Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) yang terletak di daerah Menteng, Jakarta Pusat.

Jouska pun mengakui biaya tersebut berbeda di setiap rumah sakit, jenis ruangan yang dipilih pun berdampak pada metode kelahiran sang ibu. Sekar mengambil metode caesar karena menilai usianya tak lagi muda.

Tentunya memilih rumah sakit, jenis ruangan, dan metode persalinan berada di tangan sang ibu setelah melalui pertimbangan pribadi. Sang ibu juga perlu mendiskusikannya dengan dokter atau orang terdekat agar dapat menimba opsinya dan menghasilkan keputusan yang tepat.

Ada banyak hal selain biaya yang patut dipertimbangkan oleh sang ibu dan ayah, seperti apakah rumah sakit “ramah bayi” dan keunggulan layanan yang ditawarkan

Related posts