Mulai Juli, Pembelian Game di Steam Indonesia akan Dikenakan Pajak

  • Whatsapp
Steam Game

Pajak merupakan sebuah iuran rakyat kepada negara. Iuran ini umumnya digunakan untuk membiayai pegawai negara dan beberapa layanan masyarakat, entah berupa benda, jasa, maupun fasilitas umum. Pajak umumnya dibayarkan sesuai ketentuan yang berlaku, baik dari impor barang maupun yang lain berupa barang fisik. Namun, Indonesia sepertinya telah mantapkan diri untuk beri pajak tambahan untuk produk digital.

Seperti yang telah kita ketahui, pemerintah berencana untuk menambahkan pajak sebesar 10% untuk produk digital. Mulai dari streaming musik, film, aplikasi, hingga video game digital. Peraturan ini diatur dalam PMK Nomor 48/PMK.03/2020 dan akan dimulai tanggal 1 Juli 2020 di seluruh Indonesia.

Read More

Meski peraturan ini telah diaplikasikan pada beberapa produk digital sebut saja Google maupun PlayStation. Namun toko digital seperti Steam belum memberikan regulasi tersebut. Membuat para gamer bisa membeli game di Steam tanpa dikenakan pajak sama sekali. Sayangnya, sepertinya kamu mau tak mau harus mematuhinya saat tanggal 1 Juli nanti.

Mulai tanggal 1 Juli, pembelian semua game digital Steam akan dikenakan pajak sebesar 10%

Hal ini dikonfirmasikan melalui website partner resmi Steam yang memberikan peraturan tentang pajak yang ditambahkan. Terhitung pada tanggal 1 Juli 2020 mendatang, Steam regional Indonesia akan berlakukan tambahan pajak 10% untuk semua game digitalnya.

Penambahan pajak 10% ini secara otomatis akan membuat game yang semula berharga 800 ribu menjadi sekitar 880 ribu rupiah. Berbeda dengan kebanyakan negara lain yang mulai tambahkan pajak sejak tahun 2015, Indonesia sendiri baru akan tambahkan pajak pada tanggal 1 Juli 2020 nanti bersamaan dengan Arab Saudi dengan pajak sebesar 15%.

Sementara Jerman yang masuk dalam daftar yang sama dengan Indonesia dan Arab Saudi akan berlakukan pajak sebesar 19% untuk seluruh game mereka di Steam mulai tahun 2021 mendatang.

Sebelumnya, peraturan ini dinilai cukup memberatkan bagi beberapa pihak. Namun sudah sewajarnya setiap negara memberlakukan pajak produk digital tersebut demi pengembangan negara menjadi lebih baik. Bagaimana menurutmu?

Related posts