Bahaya ! Bawa Dompet di Saku Celana, Waspadai Gangguan Tulang Berikut…

  • Whatsapp
ilusutrasi Bawa Dompet di Saku Celana

 Bagi Anda seorang pria yang suka memakai dompet dan menaruhnya di saku celana, sebaiknya perlu mengubah kebiasaan tersebut.

Lantas, kenapa tidak boleh pakai dompet di saku celana belakang?

Manual terapis dari klinik fisioterapi, Heru Purwanto Ftr mengungkapkan kebiasaan menaruh dompet di saku celana belakang justru berisiko buruk untuk kondisi fisiologis tubuh Anda.

Heru menjelaskan, tubuh kita membutuhkan porsi yang benar agar struktur fungsional dasarnya tidak berubah.

Jika porsi atau struktur fungsional berubah atau bergeser termasuk tulang belakang, maka support sistem di sekitar organ vital tersebut juga akan terganggu.

Berikut beberapa kondisi yang bisa diakibatkan dari sering membawa dompet di saku belakang.

1. Tulang miring

Saat seorang pria dengan dompet di saku belakang duduk, maka postur tulang belakangnya akan miring dan cenderung terangkat di sebelah keberadaan dompet.

Selain tulang panggul yang akan terangkat, tulang belakang bagian bawah beserta bantalannya juga akan ikut miring. Sehingga tulang punggung justru akan bereaksi miring ke arah sebaliknya untuk membuat mata tetap horisontal.

Tidak hanya itu, kemiringan tulang belakang ini juga akan membuat otot-otot di sekitarnya seperti otot perut dan pinggang ikut miring.

2. Nyeri otot

Heru menegaskan, jika kondisi ini terjadi dalam jangka panjang dan terus-menerus, otot-otot itu akan menjadi lemah, mengakibatkan desakan pada saraf.

“Makanya bisa muncul sakit pinggang atau low back pain,” kata Heru dalam diskusi daring bertajuk Mengatasi Ketegangan Otot Pinggang dan Leher Selama Work From Home, Sabtu (16/5/2020).

Ironisnya, pada nyeri yang tidak segera di terapi dan memakai dompet di saku celana belakang tetap dilakukan itu dapat menimbulkan rasa sakit yang menjalar dari punggung hingga kaki.

“Kebiasaan memakai dompet di kantong celana belakang, akan membuat nyeri menjalar akibat ketegangan otot di sekitar panggul,” ujar dia.

Related posts