Tidak Mau Kalah ! Microsoft Dikabarkan Bakal Rilis Xbox Series X Versi Digital

  • Whatsapp
box Series X

Bulan lalu, Sony Interactive Entertainment telah mengumumkan dua versi konsol PlayStation 5. Yang membedakan kedua versi tersebut adalah bentuk dan fitur yang dimilikinya, di mana untuk versi normal terdapat disk tray, sedangkan untuk versi digital tidak memiliki disk tray, sehingga memiliki ketebalan yang lebih tipis. 

Nah sepertinya Microsoft juga akan mengikuti jejak Sony dengan membuat Xbox Series X versi digital yang lebih ringkas dan memiliki bentuk lebih kecil. Kabar tersebut terungkap lewat kicauan akun Twitter bernama @XB1_HexDecimal yang membagikan dokumen resmi Microsoft mengenai Game Development Kit (GDK).

Read More

Dari bocoran tersebut bisa melihat dokumen Microsoft yang menyebutkan kode nama “Lockhart” dengan kinerja kartu grafis Xbox. Selain itu, dijelaskan pula kalau Project Scarlet (nama sebelum Xbox Series X) memiliki dua versi, yakni Anaconda dan Lockhart. 

Sekadar informasi, GDK merupakan konsol yang dibagikan oleh Microsoft yang ditujukan bagi para developer game untuk mengembangkan game pada konsol yang masih dalam proses pengembangan tersebut. Hal ini dilakukan agar developer dapat memahami apakah game yang dikembangkan dapat berjalan dengan baik pada konsol generasi terbaru, sebelum akhirnya dipasarkan. 

Informasi dua versi GDK tersebut juga diperkuat lewat kicauan editor senior The Verge, Tom Warren yang membagikan sebuah foto printed circuit board (PCB) milik konsol Xbox Series X yang terdapat gambar ular. Sehingga foto tersebut mengungkapkan kebenaran mengenai konsol bernama “Anaconda”.

Bahkan Tom Warren juga menambahkan informasi mengenai performa dari konsol bernama “Lockhart” yang bisa menyaingi, atau melebihi dari konsol PlayStation 5. Menariknya, spesifikasi konsol versi “Lockhart” ini justru sedikit lebih rendah dibandingkan dengan Xbox Series X yang telah diumumkan lebih dulu.

Untuk konsol bernama “Lockhart” memiliki 7.5GB RAM terpakai, dan performa GPU sebesar 4 teraflops. Sedangkan Xbox Series X memiliki 13.5GB RAM terpakai, dan menargetkan performa GPU di 12 teraflops. Sedangkan kecepatan CPU sendiri diinformasikan tidak ada perbedaan antara Xbox Series X dan “Lockhart”.

Sayangnya, belum ada informasi apakah konsol Microsoft bernama “Lockhart” ini juga tidak akan memiliki fitur disk tray atau tidak. Namun berdasarkan bocoran yang beredar, konsol Microsoft bernama “Lockhart” ini bakal memiliki nama “Xbox Series S”.

Kabarnya, konsol “Xbox Series S” direncanakan akan diumumkan pada bulan Juni 2020, bersamaan dengan event tahunan E3. Namun karena terjadi pandemi COVID-19 dan pengembangan konsol tersebut belum sempurna, sehingga Microsoft menunda pengumumannya hingga bulan Agustus 2020 mendatang. 

Untuk kisaran harga, konsol bernama “Lockhart” atau “Xbox Series S” ini diperkirakan bakal dibanderol berkisar antara US$299 hingga US$399Gimana gaes, tertarik dengan konsol minimalis dari Microsoft ini? Nantikan informasi seputar game lainnya serta jangan lupa untuk ikuti Facebookdan Instagram Dunia Gamesuntuk update info yang tak kalah menarik lainnya ya.

Related posts