Pagi Ini Instagram Kembali Tumbang

  • Whatsapp
ilusrasi instagram

Instagram dilaporkan mengalami permasalahan pada pagi ini, menyebabkan pengguna kesulitan untuk mengakses dan memperbarui halaman News Feed media sosial tersebut. Sejumlah pengguna mengaku hanya dapat mengakses fitur IG Story.

Permasalahan yang dialami oleh Instagram ini juga tercatat pada situs pelacak masalah akses media sosial, Downdetector.com. Situs ini mencatat bahwa permasalahan pada jejaring sosial di bawah naungan Facebook tersebut tidak hanya terjadi di Indonesia.

Read More

Negara lain juga mengalami permasalahan yang sama, termasuk di Amerika Serikat, Australia, beberapa negara di wilayah Eropa, Afrika dan Asia. Untuk wilayah Asia Tenggara, situs Downdetector mencatatkan permasalahan terjadi di wilayah Singapura dan Indonesia.

Kesulitan mengakses dan memperbarui News Feed mulai banyak dilaporkan pengguna Instagram Indonesia sejak pukul 6.30 WIB. Keluhan dari sebanyak 92 persen pengguna Instagram membanjiri Twitter pada pagi tadi.

Sebelumnya, Facebook dilaporkan tengah menguji fitur Instagram Reels, alat editing video yang dirancang untuk memungkinkan pengguna menciptakan video berdurasi 15 detik serupa TikTok, dan dapat dibagikan di Instagram Story, kirim via DM atau unggah di bagian tab Explore bertajuk Top Reels, di India.

Informasi ini beredar beberapa hari setelah pemerintah India memblokir TikTok, bersama 58 aplikasi asal Tiongkok lainnya. Sejumlah pengguna Instagram di India telah mulai menerima fitur baru ini melalui update.

Sementara itu pada bulan Mei lalu, Instagram dilaporkan tengah mengembangkan serangkaian fitur baru, seperti yang dilaporkan oleh pengembang bernama Alessandro Paluzzi. Bagi kreator konten, fitur tersebut dikabarkan akan mempermudah untuk mengakses Insights.

Sebagai informasi, Insights merupakan alat analisis yang memungkinkan pengguna mempelajari lebih lanjut terkait pengikut sehingga pengguna dapat merencanakan konten sesuai dengan hasil pembelajaran tersebut.

Juga pada bulan Mei lalu, Facebook mengumumkan update untuk Instagram dengan dukungan Messenger Rooms berkemampuan menampung hingga 50 partisipan. Dengan demikian, pengguna Instagram dapat melakukan panggilan video dengan jumlah partisipan hingga 50, via Messenger Rooms.

Untuk memulai panggilan video dengan rekan di Instagram, pengguna hanya perlu mengakses fitur Direct Messages, ketuk ikon video chat di bagian atas layar, kemudian pilih opsi Create a Room baru. Setelahnya, pengguna dapat memilih teman sebagai penerima undangan.

Related posts