Tips Biar Cepat Kaya, Beginilah Farming di Mobile Legends yang Baik dan Benar!

  • Whatsapp
Mobile Legends

Untuk menjadi yang terkuat dan tak terkalahkan di dalam Mobile Legendskamu pastinya memerlukan banyak item. Seperti tankyang membutuhkan sejumlah armorataupun assassin dengan burst damage-nya. Nah, pada kesempatan kali ini, Dunia Games ingin memberikanmu sejumlah tips farming di Mobile Legendsagar lebih mudah dalam mendapatkan gold

Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja simak ke pembahasan di bawah yuk!

Read More

1. Offlaner (Top Lane)

Sebagai offlaner yang berada di top side, biasanya role ini diisi dengan beberapa hero fighter tangguh karena nantinya akan berhadapan dengan marksmanserta supporttim lawan. 

Namun bisa juga kamu hanya akan berhadapan dengan satu fighter saja apabila tim lawan juga menggunakan meta hyper carrydi mid lane— mengandalkan satu carry (marksman/assassin) yang rotasinya ditemani oleh tank dan support

Lalu bagaimana cara melakukan farming yang benar sebagai offlaner? Tips farming di Mobile Legendssebagai offlaner, pertama kamu bisa membeli satu item jungle Hunter Knife yang bisa di-upgrade menjadi Raptor Machete (physical) atau Star Shard (ability power). 

Saat wave pertama, kamu bisa langsung menuju tower belakang lawan dan potong jalur minion yang datang. Kamu tak perlu takut dibunuh tim lawan, karena jika mereka bukan hyper carry pasti akan memprioritaskan red buffterlebih dulu baru bergerak ke arah lane.

Setelah berhasil memotong jalur wave, kamu selanjutnya bisa bergerak ke arah kelomang dan mendapatkan gold per detik. Nah di sini keuntungannya jika kamu menggunakan Hunter Knife, karena kelomang akan lebih cepat mati.

Setelah dari situ, kamu bisa kembali membersihkan wave, tapi kali ini nggak usah memotong jalur mereka — cukup di tengah-tengah lane saja sudah cukup. Dan di setelah itu, kamu bisa kembali mengambil kelomang, atau jika ada carry tim milikmu yang datang maka berikan saja ke dia. 

Kamu bisa mengulang-ulang cara yang sudah dilakukan. Bebas, mau kamu mendapatkan gold dari memotong jalur wave lawan ataupun ketika minion sudah sampai di lane. Pastikan selalu waspada agar tidak mudah dibunuh carry lawan. 

2. Tank 

Tips farming di Mobile Legends kedua adalah untuk tank. Ini merupakan salah satu role yang paling mudah untuk melakukan farming. Ia hanya perlu mengandalkan item roam agar bisa memperoleh gold. Perlu diperhatikan juga, jangan kebiasaan untuk membeli item roam berbarengan dengan support, karena nantinya kamu akan tertahan di level 1 — lebih baik bicara terlebih dulu mengenai siapa yang menggunakan item roam lebih dulu.

Dan, meskipun kedengarannya mudah menjadi tank, kamu ternyata punya tugas penting di sini, yakni membuka rute agar carry tidak mati disergap tim lawan yang bersembunyi di dalam bush

Mulai dari membuka map hingga mendapatkan banyak assist itu adalah pencapaian yang harus dimiliki seorang tank, jadi tidak hanya soal mati melulu yang malah merugikan tim dengan menjadifeeder.

3. Carry (Marksman/Assassin)

Karena di Mobile Legendssendiri memiliki dua meta (pertama mengandalkan dua core, kedua bertumpu kepada satu carry), jadi untuk pembahasan pertama kita akan berbicara tentang tips farming di Mobile Legends untuk dua core terlebih dulu, lalu dilanjutkan dengan hyper carry (satu carry). 

Dua core di sini maksudnya adalah satu sebagai assassin yang mengisi mid lane sedangkan yang kedua adalah marksman di bot lane. Baik assassin maupun marksman, keduanya akan memiliki bodyguard yang berperan sebagai pelindung mereka jika ada tim lawan yang datang menyergap. 

A. Assassin (Core)

Untuktips farming di Mobile Legends sebagai core assassin, biasanya akan mengambil wave di arah mid terlebih dahulu (tapi ada juga yang lebih dulu bergerak keblue buffjika memang sangat membutuhkannya, seperti Fanny), lalu setelah itu langsung bergerak ke arah ‘pikacu’ yang berada di sungai untuk mendapatkan efek regen HP dan mana

Setelah itu, kamu bisa bergerak ke buff biru untuk mendapatkan mana regen— supaya bisa spam skill ke lawan tanpa perlu kehabisan mana. 

Dari sini, kamu bisa langsung bergerak ke kelomang di top lane untuk mendapatkan gold (situasional). Apabila bot lane kamu lebih membutuhkan bantuan, sebaiknya kamu bantu mereka terlebih dahulu baru setelah itu mengambil kelomang yang berada dibot lane. 

Jika sudah berhasil mendapatkan gold dari kelomang, sebaiknya kamu lakukan set-up di daerah Turtle sekalian ganking jika memungkinkan. Apabila berhasil mendapatkan Turtle, maka gold kamu dipastikan sudah jauh di atas tim lawan.

B. Marksman (Core)

Tipsfarming di Mobile Legendssaat kamu menjadi core marksman adalah dengan bergerak ke arah red buff lebih dulu. Pastikan kamu bergerak bersama support/tankya, agar HP kamu tidak terkikis serangan monster red buff. Setelah itu, kamu bisa ke arah monster kecil yang berdekatan dengan tower bot lane

Nah, di sini kamu bisa langsung biarkan support/tankmengambil wave yang ada di bawah tower agar dia naik ke level dua dan langsung menuju ke arah kelomang. Pastikan kamu dapatkan buff gold dari kelomang ya agar offlaner tim lawan sulit berkembang. 

Jika dapat kelomangnya, kamu bisa langsung kembali ke lane untuk mendapatkan gold dari wave minionyang datang sembari memukul mundur offlaner lawan dan mendapatkan objektif berupa tower bot lane. 

C. Assassin/Marksman (Hyper Carry)

Hyper carry adalah meta yang dipopulerkan oleh tim Bigetron pada saat MPL ID Season 5 digelar. Meta ini membuat setiap tim hanya akan bertumpu kepada satu carry saja yang ditemani oleh tank dan support untuk rotasi — membuat dua side lanediisi oleh fighterassassin, ataupun mage/supportseperti Kaja, Pharsa, ataupun Nana. 

Carry ini akan mengisi posisi mid lanedan jika dia adalah seorang marksman, biasanya akan mengambil red buffterlebih dulu yang ditemani oleh tank, sedangkan support bergerak ke arah mid laneuntuk membersihkan wave sekalian mendapatkan exp agar lebih cepat naik ke level 2 — bertujuan juga agar tank yang menemani carry membeli item roam lebih dulu. 

Dari sini, carry bisa mengambil blue buff lalu bergerak ke arahmid laneuntuk mendapatkan wave kedua lalu setelah itu bergerak ke arah pikachu untuk dapat buff regen HP dan mana

Jika sudah dapat pikachu-nya, kamu sebagai carry bisa bergerak bertiga ditemani tank dan support ke arah side lane, entah itu untuk mendapatkan kill atau hanya sekedar mencuri objektif jungle lawan. 

Nah, sebisa mungkin juga, kamu harus selalu farming dan dapatkan kelomang karena itu akan mempercepat pertambahan gold yang kamu dapatkan. 

4. Support

Tipsfarming di Mobile Legends terakhir yakni untuk support. Pada dasarnya support itu berperan seperti tank (hanya mengandalkan gold melalui item roam), tapi ia tidak punya durabilitas tinggi alias diisi oleh class mage. Beberapa support yang saat ini sedang meta untuk digunakan adalah Pharsa, Popol Kupa, Valir, Luo Yi, dan bisa juga Kagura.

A. Support (Side Lane) 

Namun, ada juga beberapa support yang bisa digunakan sebagai heroside lane(jika tim sedang menggunakan meta hyper carry), karena dalam beberapa kasus kita benar-benar harus membutuhkan dua orang support yang bisa benar-benar melindungi si carry tim ini. Beberapa support tersebut adalah Pharsa, Kaja, dan Nana.

Jika kamu menjadi support side lane, cara mendapatkan gold hanya melalui wave yang datang sembari menunggu bala bantuan datang untuk melakukan gank

Nah itulah tips farmingdi Mobile Legends yang bisa kamu terapkan saat bermain ranked. Jangan lupa untuk follow akun Instagram dan Facebook Dunia Games agar tidak ketinggalan tips dan trik menarik lainnya.

Related posts