Ini 5 Jenis Kotak Makan Bekal ke Kantor

  • Whatsapp
ilustrasi Kotak Makan

Di era new normal saat ini kita terpaksa harus membiasakan diri dengan berbagai macam kebiasaan baru. Mulai dari waktu kerja yang lebih fleksibel, selalu siap sedia peralatan kebersihan, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kontak fisik, dan sebagainya.

Begitu juga dengan kebiasaan makan yang cukup berbeda dari biasanya. Sebelumnya kita akan bebas makan di restoran mana pun tanpa perlu khawatir tertular virus.

Kini, kita menjadi lebih waspada untuk memilih restoran untuk membeli makanan. Kita pun tidak diperkenankan untuk makan di tempat karena restoran hanya menerima pesanan siap antar.

Hal itu pun juga tidak bisa menjamin makanan yang dipesan aman dari paparan Covid-19. Sehingga memang tidak heran jika banyak orang yang mulai memilih membawa bekal sendiri dari rumah untuk makan siang di kantor.

Jika berbicara tentang bekal, hal penting yang harus diperhatikan adalah kotak makan. Pemilihan kotak makan sangat penting karena akan berpengaruh pada kemampuan penyimpanan makanan.

Untuk itu, mimin merekomendasikan beberapa jenis kotak makan untuk bekal di kantor saat new normal seperti saat ini. Jangan lewatkan informasi berikut ini ya!

1. Membawa bekal lebih ringan pakai kotak makan dari plastik

Jenis kotak makan berbahan plastik paling sering digunakan orang. Alasannya sederhana, yaitu lebih ringan ketika dibawa, mudah didapat, dan harga yang terjangkau.

Tetapi, kelemahan bahan plastik ini tidak terlalu baik jika diisi dengan makanan yang masih oanas.

Walaupun saat ini sudah banyak kotak makan plastik yang bersertifikasi BPA Free ataupun food grade, beberapa studi masih menemukan adanya bahan yang melebur saat terkena panas.

2. Lebih elegan dengan kotak makan stainless steel

Jenis kotak makan berikut ini juga cukup sering digunakan, yaitu stainless steel.

Kotak makan berbahan stainless steel ini cukup aman untuk makanan yang masih panas. Jadi aman apabila Mama ingin langsung memasukkan masakan yang baru matang ke dalam kotak makan berbahan stainless steel.

Biasanya, jenis kotak makan ini juga tersedia dalam bentuk termos. Sehingga suhu panas makanan yang disimpan akan menjadi tahan lama.

3. Buat bento dengan memakai kotak makan kayu

Jenis kotak makan berbahan kayu sebetulnya cukup jarang digunakan untuk bekal di Indonesia.

Biasanya kotak makan berbahan kayu juga tidak memiliki perekat karet di sisi penutupnya dan akan membuat cairan mudah keluar.

Sehingga kotak makan kayu biasa digunakan untuk membawa bekal kering seperti sushi, kimbab, dan sejenisnya.

Jenis kotak makan ini cocok untuk membawa bento a la Jepang atau Korea.

4. Praktis membawa bekal dengan kotak makan yang bisa dilipat

Jika Mama ingin menggunakan jenis kotak makan yang lebih ergonomis karena pekerjaan yang menuntut untuk sering berpindah tempat, Mama bisa memilih kotak makan karet yang bisa dilipat seperti ini.

Kotak makan ini elastis dan bisa dilipat apabila sudah selesai digunakan. Sehingga tidak memakan ruang tas jika kotak makan sudah kosong.

Selain itu, kotak makan ini juga ringan dan memiliki banyak ukuran. Jadi akan memudahkan Mama untuk membawa bekal ke tempat kerja.

5. Bisa langsung dihangatkan kembali dengan kotak makan kaca

Jika berniat untuk menghangatkan kembali dengan microwave di kantor, Mama bisa gunakan jenis kotak makan berbahan kaca. 

Tentu bahan kaca sangat aman apabila terkena panas. Hanya saja, kotak makan ini cukup berat dan berisiko mudah pecah.

Itulah beberapa jenis kotak makan yang bisa Mama gunakan untuk membawa bekal ke kantor.

Pemilihan jenis kotak makan tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi ya, Ma.

Yang terpenting adalah tetap mengupayakan membawa makanan yang sehat untuk menjaga daya tahan tubuh yang prima.

  • Ide Olahan Nasi Untuk Bekal Papa di Kantor. Dijamin Kenyang Ma!
  • 5 Tips agar Foto Makanan Terlihat Menarik di Instagram
  • Tips Membuat Charaben, Bekal Lucu untuk Anak

Related posts