Tips Menghilangkan Rasa Pahit pada Seledri

  • Whatsapp
ilustrasi Seledri

Sayuran seledri seringkali dipakai sebagai campuran sup, topping di berbagai hidangan, bahkan dijadikan jus. Biasanya, bukan hanya daunnya saja, tapi batangnya yang bertekstur renyah juga digunakan sebagai campuran masakan.

Meski mengandung berbagai nutrisi dan bisa menambah kompleksitas tekstur pada hidangan, tak jarang kita terganggu dengan cita rasanya yang agak pahit. Beberapa seledri memang rentan memiliki rasa yang sangat pahit –biasanya disebabkan karena cara penanamannya yang kurang tepat.

Untungnya, rasa pahit dari seledri ini bisa diminimalisir dengan berbagai cara; seperti memasaknya, atau mencampurnya dengan bumbu lainnya. Berikut ini telah di rangkum, lima tips mengurangi rasa pahit pada seledri, di antaranya:

1. Pilih seledri yang masih segar

Seledri yang masih segar memiliki batang yang keras dan padat, tangkai berukuran sedang serta menghasilkan tekstur renyah saat dipatahkan. Pilih yang daunnya tidak layu, dan berwarna hijau terang, ya.

2. Pilih yang berwarna terang

Ternyata, warna pada seledri bisa menunjukkan kadar rasa pahit yang dimiliki, lho. Semakin terang warnanya, akan semakin ringan pula rasanya.

Hindari memilih seledri yang daun dan batangnya berwarna hijau tua. Seledri yang rasanya paling ringan, biasanya punya batang berwarna agak putih hingga hijau pucat, dengan daun kekuningan.

3. Buang tangkai bagian luar

Tangkai bagian dalam seledri yang berukuran lebih kecil dan berwarna lebih pucat, biasanya lebih tidak pahit ketimbang tangkai luarnya. Ketika membersihkannya, pastikan untuk menyisihkan tangkai luarnya untuk dimasak. Sedangkan, tangkai seledri bagian dalam masih enak untuk disantap dalam keadaan mentah.

Daun seledri yang berwarna hijau gelap juga biasanya cenderung lebih pahit ketimbang batangnya. Cukup gunakan sedikit saja dalam masakan, terutama bila kita peka terhadap rasa pahit.

Jangan lupa untuk mencuci tangkainya dengan air dingin, guna menghilangkan tanah atau kotoran yang bisa memengaruhi rasanya.

4. Masak seledri

Dilansi LEAFtv, rasa pahit dari seledri bisa diminimalisir dengan cara dimasak. Selain itu, aroma sayuran ini juga bisa lebih keluar saat dimasak. Mencampurnya dengan sup berkaldu bisa menyembunyikan rasa pahit pada seledri. Selain itu, coba kukus atau tumis seledri selama kurang lebih 20 menit.

Bila menginginkan tekstur yang tetap renyah, tumis seledri dengan mentega hingga agak layu. Ini akan membuat rasa pahitnya menurun tanpa membuatnya jadi lembek.

5. Kombinasikan dengan bumbu lain

Mengkombinasikan seledri dengan bumbu beraroma kuat bisa mengurangi rasa pahitnya. Coba masak seledri dengan bawang merah dan bawang putih, atau masak bersama daging kaya rasa dan kuah kecap asin. Makanan yang mengandung asam seperti tomat atau kol juga bisa meredam pahit dari seledri.

Related posts