Tips Menyimpan Makanan agar Lebih Awet di Kulkas

  • Whatsapp
ilustrasi menyimpan makanan

Makanan yang awet disimpan di dalam kulkas bisa menjadi pilihan stok ketersediaan bahan pangan harian. Beberapa makanan diketahui tetap tahan lama dengan kualitas bertahan dengan cara khusus.

Laman Daily Mail melansir Tips mengolah dan menyimpan makanan agar tahan lama disimpan di kulkas berikut ini.

1. Pasta Kering

Pecinta pasta dan spaghetti bisa mencoba menyimpan sisa pasta kering yang belum diolah di kulkas. Caranya dengan menaruhnya di toples kaca daripada di wadah kedap udara. Wadah kedap udara bersifat menyerap kelembaban dan malah membuat pasta menjadi lemas dan lengket.

Sementara pasta yang disimpan dalan toples kaca tertutup akan mampu bertahan hingga satu tahun, asalkan disimpan dengan baik.

2. Daging

Daging bakal awet disimpan di kulkas atau freezer. Sebuah cara membuatnya lebih tahan lama jika daging dibungkus dengan plastic wrap atau alumunium foil, lalu disimpan dalam kontainer makanan.

Waktu simpan maksimal akan berbeda pada setiap jenis daging. Daging ayam di dalam freezer akan awet hingga 4 bulan. Sedangkan daging sapi, domba, dan ikan bisa tahan lama hingga 6 bulan.

3. Telur

Telur bisa bertahan hingga tujuh hari di lemari es dan jika disimpan dalam kondisi mentah agar bertahan lebih lama.

4. Sayuran

Membungkus sayuran yang belum diolah bakal memperpanjang umur sayuran, seperti brokoli dan kembang kol. Ahli diet Susie Burrell merekomendasikan untuk membungkus sayuran tersebut dengan kain yang lembab setelah kain tersebut direndam di air hangat.

5. Keju

Keju menjadi salah satu makanan yang tahan lama di kulkas. Keju bisa tahan lama hingga 6 pekan dalam kondisi kemasan sudah terbuka. Sedangkan keju dalam kemasan utuh bisa disimpan hingga 2-4 bulan.

Related posts