Cara Membuat CV (Curriculum Vitae) Yang Diterima Perusahaan

  • Whatsapp
Curriculum Vitae

Bagaimana perasaan anda ketika lulus kuliah? Ketika seseorang dinyatakan lulus dalam menempuh pendidikan, baik itu Sekolah Menengah Atas atau bangku kuliah, sudah pasti hal pertama yang ingin dilakukan adalah mencari lowongan pekerjaan sesuai dengan skill yang dimiliki. Untuk bisa melamar pekerjaan, maka dibutuhkan ketrampilan cara membuat curriculum vitae (CV) yang diterima perusahaan.

Sebenarnya cara membuat curriculum vitae (CV) yang diterima perusahaan memang terbilang sangat rumit bagi sebagian orang. Sangat tidak disarankan untuk membuat sesuai dengan aturan yang ada sehingga perusahaan akan bisa mendapatkan informasi tentang diri Anda untuk kemudian dijadikan sebagai pertimbangan.

Read More

Anda harus memastikan bahwa Curiculum Vitae yang anda buat sudah menjelaskan rincian pendidikan, organisasi, hingga pengalaman kerja yang dapat menjadi bahan pertimbangan.  tidak ada patokan khusus untuk kemudian dijadikan sebagai acuan. Jika Anda mencoba untuk browsing di internet, pastinya Anda akan mendapatkan banyak sekali pilihan format curriculum vitae yang sering digunakan untuk melamar pekerjaan.

Dengan banyaknya pilihan tersebut, sering kali membuat seseorang bingung untuk memilih yang terbaik. maka dari itu, yuk simak artikel cara membuat Curriculum Vitae (CV) Yang Diterima Perusahaan berikut ini.

Apa Itu Curriculum Vitae?

Curriculum vitae atau yang lebih dikenal dengan sebutan daftar riwayat hidup merupakan informasi diri dari pencari kerja. Dalam hal ini, daftar riwayat hidup mencangkup banyak hal yang diantaranya adalah nama, tempat tanggal lahir, alamat dan lain sebagainya. Tanpa mengabaikan cara membuat curriculum vitae (CV) yang diterima perusahaan, tidak ketinggalan juga pengalaman bekerja.

Sering kali disebutkan bahwa curriculum vitae atau daftar riwayat hidup ini dilampirkan menjadi satu dengan surat lamaran pekerjaan. Atas adanya curriculum vitae tersebut, perusahaan dengan mudah mengetahui siapa diri Anda yang sebenarnya. Masih berkaitan dengan cara membuat curriculum vitae (CV) yang diterima perusahaan, nantinya daftar riwayat hidup Anda akan dijadikan sebagai acuan dalam wawancara.

Pada kenyatannya, banyak daftar riwayat hidup yang diabaikan oleh para HRD. Hal ini tidak lain karena kurang minatnya para HRD untuk membaca lebih detail tentang daftar riwayat hidup Anda. Yang demikian ini sudah saatnya untuk dijadikan sebagai pertimbangan dalam cara membuat curriculum vitae (CV) yang diterima perusahaan. Dengan demikian, daftar riwayat hidup Anda akan menarik perhatian HRD untuk mendalaminya.

Mengapa Anda Harus Membuat Curriculum Vitae yang Menarik?

Jangan pernah Anda mengabaikan cara membuat curriculum vitae (CV) yang diterima perusahaan atau Anda tidak akan mendapatkan pekerjaan yang Anda impikan. Oleh sebab itu, pastikan Anda mengetahui pentingnya membuat curriculum vitae yang menarik dan berikut ini beberapa alasan di balik itu semua.

  1. Memberikan Kesan Pertama yang BaikTidak banyak orang yang tahu bahwa ternyata tindakan membuat curriculum vitae yang bagus dan menarik mampu menarik kesan pertama yang bagus. Bayangkan saja jika Anda tidak memahami cara membuat curriculum vitae (CV) yang diterima perusahaan, sudah pasti curriculum vitae Anda akan amburadul dan membuat HRD enggan untuk membaca lebih detail.
  2. Menunjukkan Profesionalitas AndaAlasan lain mengapa Anda harus tahu cara membuat curriculum vitae (CV) yang diterima perusahaan adalah bahwa hal ini sangat erat kaitannya dengan profesionalitas Anda sebagai pencari kerja. Profesionalitas Anda dalam mencari kerja yang diwujudkan dalam daftar riwayat hidup akan semakin meningkatkan peluang untuk bisa diterima.
  3. Menunjukkan Apakah Anda Seorang yang TertataDalam cara membuat curriculum vitae (CV) yang diterima perusahaan, sudah pastinya Anda mencoba untuk menentukan tata letak yang menarik dengan format yang sesuai. Mengabaikan hal ini berarti menunjukkan jikalau Anda merupakan sosok yang tidak tertata sehingga Anda harus mencoba untuk selalu membuat format daftar riwayat hidup yang baik ketika melamar pekerjaan.
  4. Menonjolkan Kemampuan SeseorangDengan mengetahui cara membuat curriculum vitae (CV) yang diterima perusahaan, nantinya Anda bisa menonjolkan kelebihan pada diri. Namun demikian, jangan terlalu berlebih karena hal ini bisa menjadi boomerang bagi diri Anda. Pastikan Anda menonjolkan beberapa hal yang sesuai dengan posisi yang Anda lamar.

Tips dan Trick Membuat Curriculum Vitae

Bagi Anda yang ingin membuat sebuah curriculum vitae yang sesuai dengan kaidah dan pastinya membuat para HRD tertarik untuk merekrut Anda, pastikan tahu cara membuat curriculum vitae (CV) yang diterima perusahaan. Jangan pernah membuatnya asal-asalan dan berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan.

  1. Cobalah melakukan job researchSebelum Anda memutuskan untuk mempelajari lebih jauh kaitannya cara membuat curriculum vitae (CV) yang diterima perusahaan, pastikan Anda tahu tentang seluk beluk dari perusahaan yang akan Anda lamar. Dalam hal ini, pastikan latar belakang pendidikan Anda sesuai dengan posisi yang dilamar. Untuk mengetahui hal ini, Anda bisa mencarinya dari media online ataupun orang lain.
     
    Pastikan Anda juga tahu terkait kualifikasi dan posisi yang ditawarkan. Tidak ketinggalan, Anda juga harus tahu mengenai visi dan juga misi dari perusahaan yang Anda lamar. Dengan mengetahui hal ini dan dikombinasikan dengan cara membuat curriculum vitae (CV) yang diterima perusahaan, Anda bisa membuat daftar riwayat hidup yang sesuai harapan.
  2. Ketahui dengan baik isi daftar riwayat hidup secara umumKetika Anda membuat curriculum vitae, dalam cara membuat curriculum vitae (CV) yang diterima perusahaan Anda disarankan untuk membuat semuanya secara berurutan. Hal ini dilakukan supaya tidak membingungkan pihak HRD. Pihak HRD sendiri akan menilai kualitas dari Anda melalui curriculum yang Anda berikan.
     
    Untuk konten dari curriculum vitae sendiri terdiri dari beberapa hal yang kemudian perlu diperhatikan. Beberapa diantaranya adalah identitas diri, pendidikan, ketrampilan, pengalaman kerja, pelatihan terbaru sekaligus juga informasi lain kaitannya dengan diri Anda sendiri.
  3. Mulai membuat curriculum vitaeSelanjutnya, dalam cara membuat curriculum vitae (CV) yang diterima perusahaan, kini Anda masuk dalam pembuatan CV. Dalam hal ini, cobalah untuk menciptakan keseimbangan antara desain dan juga isi yang menarik. Pastikan desain tersebut mudah dibaca, rapid an minimalis. Untuk desain, tidak ada patokannya, sebab Anda bisa mencarinya di mesin pencarian.
  4. Review curriculum vitae yang Anda buatSebelum Anda memutuskan untuk memasukkan curriculum vitae pada amplop lamaran kerja, cobalah untuk mereview CV yang telah dibuat demi menghindari kesalahan kecil yang tidak disadari. Dengan cara membuat curriculum vitae (CV) yang diterima perusahaan, nantinya CV yang Anda buat akan lebih efektif dan benar. Jangan lupa untuk menggunakan bahasa baku dalam membuat CV.
  5. Lakukan analisa CV yang dibuatUntuk menganalisa CV, Anda akan berperan sebagai HRD dan cobalah untuk menjadi sosok yang obyektif. Dengan menerapkan cara membuat curriculum vitae (CV) yang diterima perusahaan ini, nantinya Anda akan mendapatkan sebuah CV yang benar-benar sesuai. Jika Anda masih bingung, Anda bisa memanfaatkan teman ataupun orang lain untuk mengkoreksinya.

Related posts