Selain Menangkal radikal bebas ini Beragam Manfaat Buah Naga untuk Anak

  • Whatsapp
Buah Naga

Rasanya yang manis dan menyegarkan serta tampilannya yang unik membuat buah naga disukai oleh banyak orang, tak terkecuali anak-anak. Selain itu, buah ini juga menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan mereka. Mau tahu apa saja manfaat buah naga untuk anak? Simak di sini.

Buah naga adalah buah tropis yang berasal dari pohon kaktus. Buah ini mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh anak, meliputi karbohidrat, serat, zat besi, magnesium, kalsium, serta vitamin A, C, dan E.

Beragam Manfaat Buah Naga untuk Anak - Alodokter

Ada beberapa jenis buah naga yang tersebar di seluruh dunia, ada yang dagingnya buah berwarna putih, ungu, kuning, atau merah. Namun, yang paling mudah kita jumpai adalah buah naga yang memiliki warna daging merah atau putih.

Sederet Manfaat Buah Naga untuk Anak

Bunda bisa memberikan buah naga kepada Si Kecil sejak ia berusia 6 bulan, tepatnya saat ia mulai mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI). Walau buah naga memiliki banyak biji, Bunda tidak perlu khawatir memberikan buah ini kepada anak-anak, ya.

Biji buah naga boleh dimakan dan tidak menimbulkan dampak buruk pada kesehatan anak, kok. Malahan, biji buah ini dipercaya mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang sangat baik untuk tubuh dan perkembangan otak anak.

Manfaat buah naga untuk anak tidak hanya itu, melainkan juga untuk:

1. Menjaga daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C di dalam buah naga berperan penting untuk meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh anak, khususnya saat pandemi COVID-19 seperti saat ini. Selain itu, kombinasi vitamin C dan zat besi pada buah naga juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan.

Zat besi sangat penting bagi anak karena merupakan komponen utama untuk membentuk senyawa hemoglobin. Tanpa senyawa ini, tubuh Si Kecil bisa kekurangan oksigen, dan ini dapat membahayakan kesehatannya, Bun.

2. Melancarkan pencernaan

Serat yang terkandung dalam buah naga dapat melancarkan pencernaan anak dan menghindarkannya dari sembelit. Selain itu, mengonsumsi buah naga juga dipercaya mampu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam usus, sehingga kesehatan usus Si Kecil bisa terjaga dengan baik.

3. Mengurangi konsumsi camilan kurang sehat

Serat yang terkandung dalam buah naga dapat membuat Si Kecil merasa kenyang lebih lama, sehingga keinginannya untuk makan camilan yang kurang sehat bisa berkurang.

4. Menangkal radikal bebas

Buah naga kaya akan antioksidan yang berperan penting untuk menangkal radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh anak dari kerusakan yang dapat memicu terjadinya beragam jenis penyakit kronis, seperti kanker.

Selain menangkal radikal bebas, antioksidan dalam buah naga juga mampu mengurangi peradangan di tubuh anak.

5. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan kalsium dan magnesium di dalam buah naga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi anak. Selain itu, magnesium pada buah ini juga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah anak tetap normal dan menjaga kesehatan jantungnya.

Itulah beragam manfaat buah naga untuk anak yang perlu Bunda ketahui. Dengan mengetahui informasi di atas, kini Bunda tidak perlu ragu memberikan buah naga kepada Si Kecil, ya. Buah ini bisa dimakan langsung atau diolah menjadi aneka makanan dan minuman, seperti es buah, salad buah, smoothies, atau puree.

Walau memiliki banyak manfaat, buah naga dapat menimbulkan alergi pada sebagian orang. Bila Si Kecil mengalami gatal di kulit, ruam kulit, atau bengkak pada area mulut setelah mengonsumsi buah naga, segera hentikan pemberian buah ini dan bawa Si Kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

Related posts