Efek Samping Kopi untuk Diet

  • Whatsapp
Kopi untuk Diet

Agar manfaat kopi untuk diet dapat diperoleh, Anda harus memperhatikan takaran konsumsinya. Asupan kafein yang dianjurkan per hari adalah 400 mg. Ini kira-kira setara dengan 3–4 cangkir (± 200 ml/cangkir) kopi hitam dalam sehari.

Namun, perlu diingat bahwa Anda juga perlu menghitung asupan dari makanan dan minuman lain yang juga mengandung kafein, misalnya teh, soda, cokelat, dan minuman berenergi. Jadi, jika Anda juga mengonsumsi minuman atau makanan tersebut, konsumsi kopi harus dikurangi agar asupan kafein harian Anda tidak berlebihan.

Read More

Mengapa itu penting untuk diperhatikan? Alasannya adalah karena konsumsi kafein secara berlebih dapat menyebabkan beberapa efek samping, seperti insomnia, gangguan pencernaan, dan gangguan kecemasan. Padahal, tidur yang cukup, pencernaan yang lancar, dan emosi yang stabil juga berperan besar dalam diet menurunkan berat badan.

Selain itu, Anda juga tidak disarankan menggunakan kopi untuk diet maupun untuk konsumsi sehari-hari jika memiliki penyakit diabetes, glaukoma, tekanan darah tinggi, osteoporosis, atau sedang hamil atau menyusui.

Jika sedang mengonsumsi obat untuk masalah jantung, tulang, paru-paru, menopause, maupun gangguan kesehatan mental, Anda juga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi kopi untuk diet.

Jika Anda masih bingung dan ingin tahu apakah konsumsi kopi bisa efektif untuk menurunkan berat badan Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter ahli gizi. Dokter bisa melakukan evaluasi dan menentukan pola diet yang sesuai untuk kondisi Anda.Terakhir diperbarui: 14 November 2020



Related posts