Pengertian dan Fungsi Quick Access Toolbar Excel

  • Whatsapp

Apa sih pengertian serta kegunaan dan fungsi tombol quick access toolbar pada microsoft excel?

Fungsi Quick Acces Toolbar adalah untuk menempatkan tombol-tombol perintah yang sering digunakan pada microsoft sehingga menjadi lebih mudah untuk menjalankan perintah tersebut.

Read More

Secara default Quick Access Toolbar terdiri atas tiga buah button yaitu, Save (untuk menyimpan file atau dokumen yang kita kerjakan), Undo (untuk membatalkan perintah terakhir), dan yang terakhir yaitu Redo (untuk membatalkan Undo atau mengulang kembali perintah yang dibatalkan).

Ikon menu pada bagian QAT ini tentu saja bisa kita tambah atau kita kurangi sesuai dengan kebutuhan seperti pada Ribbon Excel.

Mengubah Posisi Quick Access Toolbar

Secara default letak Quick Acces Toolbar berada di atas ribbon. Posisi ini bisa kita pindahkan ke bawah ribbon excel dengan cara berikut:

Klik atau pilih ikon segitiga kecil di bagian paling kanan untuk membuka opsi Customize Quick Access Toolbar. Kemudian pada jendela yang tampil pilih Show Below the Ribbon.

Jika menghendaki mengembalikan posisi Quick Acces Toolbar kembali ke bagian atas ribbon lakukan langkah tadi kemudian pilih menu Show Above the Ribbon

Menambah/Mengurangi Ikon Menu Pada Quick Access Toolbar

Untuk nenambah atau mengurangi ikon-ikon menu pada Quick Acces Toolbar Excel buka jendela Customize Quick Access Toolbar dengan cara klik ikon segitiga kecil di bagian paling kanan QAT seperti sebelumnya.

Pada bagian tersebut akan tampil beberapa pilihan menu atau fitur yang bisa kita pilih atau kita aktifkan untuk muncul di QAT. Tanda centang menunjukkan bahwa menu tersebut sedang aktif, untuk menonaktifkannya klik pilihan menu tersebut.

Jika button menu yang ingin anda tampilkan pada Quick Acces Toolbar terdapat pada opsi jendela Customize Quick Access Toolbar diatas klik pada bagian More Commands untuk memilih menu-menu lainnya.

Pada kotak bagian kiri cari menu yang ingin anda tampilkan pada Quick Access Toolbar kemudian pilih dan klik ADD. Jika ingin menghapus ikon-ikon menu yang muncul pada Quick Access Toolbar, pilih menu yang anda maksud pada bagian kotak sebelah kanan kemudian klik REMOVE.

Related posts