Tutorial Cara Menjumlahkan Di Excel Ke Bawah, Antar Kolom Dan Antar Sheet

  • Whatsapp
Microsoft Excel

Bagaimanakah cara menjumlah di excel? Kali ini kita akan belajar cara menjumlahkan di excel baik penjumlahan data ke bawah, penjumlahan antar kolom dan penjumlahan antar sheet yang berbeda dengan rumus-rumus excel. Sekaligus tips-tips rumus jumlah excel.

Pembahasan tentang cara penjumlahan di excel ini akan melengkapi pembahasan sebelumnya tentang Operasi Aritmatika Dasar di Excel.

Read More

Cara Menjumlah di Excel

Menjumlahkan data di excel merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh setiap orang yang sedang belajar microsoft excel.

Secara umum untuk menjumlahkan beberapa nilai di excel, Anda bisa menggunakan operator plus(+).

Misalnya untuk menjumlahkan angka 10,20 dan 30 rumus jumlahnya adalah:

=10 + 20 + 30

Jika masing-masing angka tersebut berada di cell A1,B1 dan C1 maka rumus jumlahnya adalah:

=A1 + B1 + C1

Menjumlah secara terpisah untuk sebuah range data yang cukup banyak tentu kurang efisien. Selain dengan operator +, penjumlahan di excel juga bisa dilakukan dengan menggunakan fungsi SUM.

Misalnya untuk menjumlahkan range A1:A500 rumus jumlah yang bisa Anda gunakan adalah:

=SUM(A1:A500)

Jika Anda meletakkan hasil penjumlahan tepat di bawah atau disamping sebuah range data yang akan dijumlahkan, gunakan Shortcut Alt + =.

Misalnya apabila Anda ingin menjumlahkan angka-angka pada range A1:A99, letakkan kursor pada cell A100 kemudian tekan shortcut Alt + =.

Setelah menekan tombol Shortcut tersebut, secara otomatis excel akan memasukkan rumus =SUM(A1:A99) pada sel tersebut.

Untuk data dalam format Tabel excel, masih ada penjumlahan otomatis lain yang akan dijelaskan dibagian selanjutnya.

Cara penjumlahan di excel dengan ketiga metode tersebut merupakan cara yang paling dasar untuk menghitung jumlah di excel.

Microsoft excel juga telah menyediakan beberapa fungsi excel yang dikhususkan untuk menjumlahkan data di excel sesuai dengan kondisi dan kebutuhan tertentu. Fungsi atau rumus excel tersebut diantaranya:

  • Rumus SUM
  • Rumus SUMIF
  • Rumus SUMIFS
  • Rumus SUMPRODUCT
  • Rumus SUBTOTAL

Yang masing-masing penjelasannya sudah dibahas pada bagian lain Blog tutorial excel ini.
Selanjutnya akan kita bahas contoh-contoh penjumlahan pada microsoft excel ini.

Rumus Excel Penjumlahan Ke Bawah

Perhatikan tabel data berikut :

Untuk melakukan penjumlahan data penjualan barang pada masing-masing kolom atau masing-masing toko seperti pada contoh di atas ada beberapa cara penjumlahan yang bisa lakukan.

Cara Menjumlahkan di Excel Ke Bawah Dengan Operator Plus(+)

Cara penjumlahan diexcel yang pertama adalah dengan menggunakan operator plus/tambah (+). Untuk melakukan penjumlahan dengan cara ini masukkan rumus exel berikut pada sel B8:

=B4+B5+B6+B7

Cara ini tentu saja kurang efektif jika data yang akan kita jumlahkan cukup besar. Alternatif berikutnya adalah dengan menggunakan fungsi SUM excel.

Cara Menjumlah Di Excel Ke Bawah Dengan Fungsi SUM

Cara kedua menjumlahkan data ke bawah di excel adalah dengan menggunakan fungsi SUM pada microsoft excel. Untuk melakukan penjumlahan data dengan fungsi SUM tuliskan rumus excel berikut pada sel B8 :

=SUM(B4:B7)

Selain menuliskan rumus sum secara manual Anda bisa juga menggunakan Shortcut Alt + = untuk memasukkan rumus sum di atas. Caranya letakkan kursor pada sel B8 kemudian tekan Shortcut Alt + =.
Untuk langkah selanjutnya anda tidak perlu menuliskan rumus tersebut ke sel-sel lain disebalahnya, melainkan hanya perlu melakukan copy paste rumus excel tersebut ke sel lain disebelahnya untuk Toko 2 dan Toko 3 baik secara manual atau dengan menggunakan fitur autofill excel.

Cara Menjumlahkan Data Di Excel Ke Bawah Dengan Fungsi SUBTOTAL

Cara ketiga untuk menjumlahkan ke bawah pada data satu kolom adalah dengan menggunakan fungsi Subtotal seperti rumus excel berikut:

=SUBTOTAL(109;B4:B7)

Untuk penjelasan lebih lanjut tentang cara menggunakan fungsi SUBTOTAL excel ini bisa anda pelajari pada bagian berikut: Rumus Excel SUBTOTAL.

Jika bermaksud menggunakan Rumus Subtotal cara yang lebih mudah adalah dengan merubah data tersebut sebagai format tabel.
Jika sudah terformat sebagai tabel anda tinggal mengaktifkan total row pada Tab Design, kemudian pilih menu SUM pada baris total row terkait.

Perhatikan gambar berikut :

Lalu bagaimana untuk cara menjumlahkan data ke samping dan antar kolom di excel?

Rumus Excel Penjumlahan Antar Kolom

Jika yang dimaksud antar kolom ini adalah penjumlahan dalam satu baris data misalnya untuk mengisi kolom Total pada tabel data di atas, maka cara penjumlahannya kurang lebih sama dengan rumus penjumlahan ke bawah seperti pembahasan di atas.

Cara Penjumlahan Antar Kolom Dengan Operator Plus (+)

Jika menggunakan operator tambah(+), maka rumus excel penjumlahan yang digunakan untuk sel E4 adalah:

=B4+C4+D4

Copy paste rumus tersebut ke sel-sel lain di bawah pada kolom total. Perhatikan gambar berikut :

Cara jumlah di excel ini mirip dengan sebelumnya. Yang memebdakan adalah referensi sel mana saja yang akan di jumlahkan.

Cara Penjumlahan Antar Kolom Dengan Rumus SUM

lJika menggunakan fungsi SUM excel maka rumus excel yang bisa anda gunakan untuk melakukan penjumlahan pada sel E4 kolom Total adalah sebagai berikut :

=SUM(B4:D4)

Cara menjumlahkan data di excel dengan fungsi SUM ini merupakan cara yang umum di pakai oleh setiap pengguna microsoft excel.

Cara Penjumlahan Antar Kolom Dengan Rumus SUBTOTAL

Apabila menggunakan fungsi subtotal untuk penjumlahan ke samping atau antar kolom, rumus excel yang bisa anda gunakan untuk cel E4 kolom total adalah:

=SUBTOTAL(9;B4:D4)

atau

=SUBTOTAL(109;B4:D4)

Rumus Penjumlahan Antar Sheet

Contoh-contoh penjumlahan sebelumnya berlaku jika sel-sel yang akan kita hitung jumlahnya saling berdekatan atau berada dalam satu rentang data (Range) yang sama.

Bagaimana jika data yang akan kita jumlahkan berada pada range data yang berbeda?

Penjumlahan Berbeda Tabel Pada Sheet Yang Sama

Sebelum membahas penjumlahan antar Sheet, kita bahas dulu penjumlahan pada range yang berbeda pada sheet yang sama terlebih dahulu. Misalnya kita ingin menjumlahan tabel yang berbeda seperti untuk contoh gambar berikut:

Untuk mengisi sel B13 yang merupakan jumlah penjualan Buku pada Toko 1 untuk periode Januari dan Februari rumus excel yang bisa digunakan adalah:

=B4+H4

atau dengan fungsi SUM:

=SUM(B4;H4)

Pada Baris Jumlah (baris 17) Selain menggunakan rumus penjumlahan yang dijelaskan sebelumnya anda bisa juga menggunakan rumus penjumlahan berikut:

=SUM(B4:B7;H4:H7)

Penjumlahan Berbeda Tabel Pada Sheet Yang Berbeda

Bagaimana cara melakukan penjumlahan data berbeda sheet?

Misalnya kita memiliki data penjualan bulan Januari berikut pada Sheet 1 :

Lalu kita juga memiliki data penjualan bulan Februari pada sheet 2 seperti dibawah ini :

Pada sheet 3 kita akan melakukan penjumlahan data bulan Januari dan Februari tersebut. Bagimana caranya?

Pada Sheet 3, sel E4 tulislah rumus excel berikut:

=Sheet1!E4+Sheet2!E4

Atau jika menggunakan fungsi SUM, maka rumus excelnya adalah seperti dibawah ini:

=SUM(Sheet1!E4;Sheet2!E4)

Ya, cara penjumlahan antar sheet atau penjumlahan berbeda sheet sebenarnya relatif sama dengan rumus-rumus excel penjumlahan sebelumnya.

Hanya saja untuk referensi sel atau rangenya perlu kita tambahkan Nama Sheet dan Tanda Seru(!) sebelum alamat sel atau range yang akan kita jumlahkan seperti pada contoh di atas.

Rumus penjumlahan berbeda sheet diatas tentunya bukan satu-satunya rumus yang bisa anda gunakan.

Untuk penjumlahan berbeda sheet namun berada pada rentang data yang sama anda bisa juga menggunakan rumus penjumlahan seperti berikut:

=SUM(Sheet1:Sheet2!B4:D4)

Dengan rumus diatas excel akan menjumlahkan setiap sel pada rentang B4:B7 yang ada pada Sheet1 dan sheet2.

Jika anda malas menulis secara manual rumus excel di atas, cara menentukan referensi untuk rumus excel penjumlahan seperti diatas adalah :

  1. Seleksi setiap sheet yang akan kita jumlahkan dengan menggunakan tombol Ctrl pada keyboard, tahan lalu ikuti dengan seleksi nama sheet. Untuk Sheet yang berurutan bisa juga menggunakan tombol Shift dan pilih sheet akhir yang anda jumlahkan.
  2. Setelah sheet terpilih/terseleksi selanjutnya tentukan range data yang akan dijumlahkan.

Sebelum saya akhiri pembahasan, pada kasus penjumlahan antar sheet ini anda bisa juga menggunakan trik penulisan rumus excel berikut:

Misalnya anda memiliki sebuah file excel dengan nama Sheet: Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November, Desember.

Untuk melakukan penjumlahan Sel A1 pada setiap sheet dengan awalan huruf M (Maret dan Mei) tulis rumus berikut:

=SUM('M*'!A1)

Lalu tekan Enter.

Taraa… excel secara otomatis akan menentukan range penjumlahan yang anda maksud.

Contoh lain jika anda memiliki sebuah file excel dengan nama sheet adalah nama-nama bulan yang diakhiri dengan tahun 2003, 2007, 2010, 2013, 2016 atau tahun lainnya.

Kemudian Anda bermaksud hanya ingin melakukan penjumlahan untuk sel A1 pada setiap sheet yang diakhiri dengan tahun 2010 maka coba tulis rumus berikut:

=SUM('*2010'!A1)

Lalu tekan Enter. Nah mudah bukan?

Untuk tutorial penjumlahan dengan kriteria tertentu bisa anda pelajari pada laman berikut:

  1. Cara Menjumlahkan Data dengan Syarat Tertentu Pada Microsoft Excel
  2. Cara Penjumlahan Banyak Kriteria Pada Microsoft Excel
  3. Menjumlahkan Data Tanpa Mengikutkan Baris Tersembunyi

Saya sudahi dulu pembahasan kita tentang Cara penjumlahan ke bawah, antar kolom dan antar sheet. Jika dirasa bermanfaat jangan ragu-ragu untuk menekan tombol share dibawah, barangkali salah satu kawan anda membutuhkan tutorial ini.

Related posts