4 Tips Jitu Ini untuk Wajah Kulit Berminyak

  • Whatsapp
foto Glowing

MEMILIKI kulit berminyak pasti menyebalkan bagi sebagian besar orang. Pasalnya, saat kulit sudah berminyak maka timbul masalah-masalah kulit lainnya yang menyusul, seperti komedo dan jerawat.

Selain itu, kulit wajah yang berminyak akan membuat make-up mudah luntur dan wajah terlihat mengkilap. Ciri kulit berminyak ditandai dengan permukaan wajah yang mengkilat karena produksi kelenjar minyak yang berlebihan dengan pori-pori kulit wajah yang umumnya terlihat besar.

Read More

Untuk merawatnya, berikut ini saran untuk kulit wajah berminyak, seperti tips dari make-up artist Philipe Karunia dalam buku berjudul ‘Because You’re Special’.

1. Bersihkan wajah

Bersihkan wajah sedikitnya dua kali sehari untuk menetralisir kadar minyak yang berlebihan, yakni pada pagi hari dan setelah beraktivitas. Namun, hindari membersihkan wajah terlalu sering karena justru akan merangsang produksi kerja kelenjar minyak yang berlebihan.

2. Gunakan blotting paper

Apabila kulit tampak sangat berminyak, misalnya karena beraktivitas di luar ruangan seharian, jangan bersihkan kulit wajah. Gunakan blotting paper di area tertentu untuk mengangkat kelebihan minyak.

3.Hindari kosmetik yang berlebihan

Gunakan produk perawatan kulit maupun kosmetik dekoratif yang diformulasikan untuk kulit berminyak, yakni oil free formula. Hindari juga menggunakan kosmetik yang berbahan dasar minyak. Sebaiknya gunakan kosmetik jenis water based formula.

4. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung garam

Hindari mengonsumsi makanan yang banyak mengandung garam. Pasalnya, sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan iodine yang tinggi dalam makanan bisa merangsang kerja kelenjar minyak.

Related posts