Mahasiswi S3 Termuda ITB Berusia 21 Tahun


Ilustrasi Mahasiswi (Unsplash.com)

Seorang mahasiswi baru-baru ini menjadi topik hangat yang dibahas warganet. Bermula dari sebuah tweet yang dikirimkan secara anonim melalui akun @collegemenfess, nama Maya Nabila pun sontak menarik perhatian publik. Ia menjadi mahasiswi yang menempuh studi S3 termuda dengan usia 21 tahun di Institut Teknologi Bandung

Maya menjadi mahasiswa termuda di Penerimaan Mahasiswa Baru ITB Tahun Akademik 2021/2022. Ia mengambil program studi Matematika di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ITB. Maya berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan hingga S3 melalui  Program Beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU). PMDSU merupakan  program percepatan pendidikan yang diberikan kepada lulusan Sarjana yang memenuhi kualifikasi untuk menjadi seorang Doktor dengan masa pendidikan selama empat tahun. 

Read More

Dalam utasnya, Maya menjelaskan bahwa dirinya bisa menempuh pendidikan S3 di usia muda lantaran ia masuk Sekolah Dasar lebih cepat dibanding anak-anak pada tahun kelahirannya, yakni saat ia berumur 5 tahun. Hal ini dipengaruhi oleh lingkungan Maya juga yang pada saat itu bergaul dengan anak-anak yang sudah masuk SD. “Aku juga ga pinter yang ranking di kelas,” tambahnya. 

Selain itu, Maya juga mengambil kelas akselerasi saat duduk di bangku SMA. Tak sedikit yang mengira bahwa kecepatan Maya dalam menempuh pendidikan adalah karena diatur oleh pihak keluarga. Namun ia menyanggah hal tersebut dan mengungkap bahwa memang ini keinginannya sendiri karena senang belajar.

Meski demikian, Maya mengaku ia tetap berkegiatan seperti mahasiswi seumurannya. Maya tetap gemar bermain game online, ikut study tour, menyempatkan diri untuk jalan-jalan hingga naksir orang lain. “Aku hanya masuk lebih cepat di sekolah kak, sisanya sama perjalanannya. Buatku, aku baik-baik saja dengan ini,” ucap Maya. Maya turut membagikan tipsnya dalam mengatur waktu dan untuk belajar secukupnya. Ia juga mengimbau agar warganet tidak insecure-insecure-an, karena semua orang hebat di bidangnya masing-masing. Kisah Maya yang menempuh pendidikan S3 di usia terhitung sangat muda ini menuai komentar beragam dari warganet.

Related posts