7 Tips Jitu Lulus Tes CPNS 2021

  • Whatsapp

Penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021 memang belum dibuka. Namun, tidak ada salahnya untuk mulai bersiap dari sekarang.

Persiapan tersebut penting dilakukan supaya peluang Anda untuk lolos seleksi CPNS yang terkenal ketat itu bisa semakin besar.

Read More

1. Perhatikan jadwal tahapan pendaftaran

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah jadwal pendaftaran CPNS itu sendiri. Calon pendaftar wajib bersiap-siap menunggu pengumuman soal tahapan pendaftarannya agar tidak terlambat.

Salah satu cara untuk mendapatkan informasi terbaru seputar CPNS adalah dengan mengikuti akun instagram @bkngoidofficial dan @kemenpanrb.

Perhatikan pula waktu pendaftaran. Mendaftar pada malam hari mungkin bisa menjadi pilihan, dengan harapan situs yang diakses tidak ramai dikunjungi, sehingga proses pendaftaran bisa berjalan lebih lancar.

2. Sering-sering berlatih soal

Sambil menunggu pendaftaran dibuka, calon pendaftar juga bisa mulai berlatih soal-soal tes CPNS dari sekarang. Anda bisa menggunakan cara konvensional seperti membeli buku-buku soal di toko buku.

Jangan khawatir jika tidak memiliki buku kumpulan soal tes CPNS. Sebab, kumpulan soal serupa juga bisa didapatkan lewat telepon pintar yang dimiliki. Cobalah mencari aplikasi latihan soal CPNS.

Cara lainnya, Anda juga bisa menonton video-video Youtube yang mengulas soal-soal terkait tes CPNS.

3. Mendengar pengalaman orang lain

Ada pepatah yang mengatakan “pengalaman adalah guru terbaik”. Hal ini tentu berlaku juga dalam proses seleksi ini.

Bagi yang sudah pernah gagal tes CPNS sebelumnya, jangan lupa untuk mengevaluasi faktor kegagalan.

Namun jika ini adalah tes pertama, jangan ragu untuk mendengar pengalaman dan saran dari teman atau kerabat yang pernah melaluinya. Harapannya, Anda bisa menghindari kesalahan serupa dan melakukan lebih baik pada tes CPNS kali ini.

4. Pilih instansi yang sepi peminat

Tips kali ini cocok bagi Anda yang tidak mempermasalahkan instansi tempat bekerja nantinya. Jika siap bekerja di mana saja, Andabisa memilih instansi yang sepi peminat demi memperbesar peluang keberhasilan lolos seleksi.

5. Manajemen waktu

Supaya peluang lulus tes CPNS semakin besar, mulailah membuat manajemen waktu yang baik, bahkan sejak tahap persiapan.

Luangkan waktu khusus setiap harinya untuk mempelajari soal-soal tes CPNS. Anda juga bisa melakukan simulasi seolah-olah sedang melakukan tes sungguhan.

Pada hari ujian nanti, perhatikan juga tempat dan jarak dari rumah ke lokasi ujian. Kemudian kalkulasikan waktu yang cukup untuk sampai ke tempat ujian. Jika bisa, tibalah di tempat ujian lebih cepat dari jadwal agar tidak kelelahan dan dapat menjalani ujian dengan kondisi prima.

Jangan lupa untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan selamat proses ujian berlangsung.

7. Berdoa

Terakhir jika semua usaha sudah dilakukan, jangan lupa berdoa meminta kemudahan dalam mengerjakan ujian. Mintalah doa orangtua sebelum berangkat ke tempat ujian lalu jalani proses seleksi dengan sebaik mungkin.

Cara mendaftar dan syarat yang diperlukan untuk seleksi CPNS

Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) akan segera membuka seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 2021.

“Sahabat Muda, pembukaan pendaftaran CPNS dan CPPPK 2021 semakin dekat. Sudahkah kalian mempersiapkan diri? Berikut admin rangkum formasi terbanyak CPNS dan CPPPK 2021,” demikian disampaikan melalui akun Instagram @kemenpanrb, dikutip Sabtu.

Adapun prosedur seleksi menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) di bawah koordinasi Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan dilaksanakan dengan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian COVID-19.

Mengutip situs resmi Kemenpan RB, seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) 2021 akan diadakan di 56 kementerian dan lembaga, 34 pemerintah provinsi, serta 504 pemerintah kabupaten dan kota. 

Pemerintah menyediakan 1.275.387 kebutuhan ASN tahun 2021 untuk pemerintah pusat dan daerah. 

Seleksi penerimaan CPNS akan dilaksanakan secara daring melalui Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSASN), dengan cara mengakses tautan https://sscn.bkn.go.id. 

Merujuk pada tata cara pelaksanaan seleksi sebelumnya, terdapat lima tahapan seleksi yang harus diikuti, meliputi pendaftaran daring di SSCN BKN, seleksi administrasi, verifikasi berkas asli, seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan Computer Assisted Test (CAT), dan seleksi kompetensi bidang.

Syarat pendaftaran yang perlu disiapkan yakni Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli, Kartu Keluarga (KK), pas foto, pas swafoto (selfie), ijazah asli, surat lamaran, surat pernyataan, dan dokumen lain yang disyaratkan instansi yang ingin dilamar.

Merujuk data yang dilampirkan pada unggahan akun Instagram @kemenpanrb, formasi terbanyak CPNS 2021 di instansi pusat yakni penjaga tahanan, analis perkara peradilan, pemeriksa, analis hukum pertanahan, dan perawat.

Sementara formasi terbanyak di tingkat provinsi untuk tenaga kesehatan adalah perawat, dokter, asisten apoteker, perekam medis, dan bidan.

Sedangkan untuk jabatan teknis adalah  polisi kehutanan, pengelola keuangan, pranata komputer, pengelola perpustakaan, dan penyuluh pertanian.

Di tingkat kabupaten/kota, formasi CPNS terbanyak untuk tenaga kesehatan adalah perawat, bidan, dokter, apoteker, dan pranata laboratorium kesehatan.

Adapun untuk jabatan teknis adalah auditor, penyuluh pertanian, pengelola keuangan, pengelola pengadaan barang/jasa, dan polisi pamong praja.

Related posts