Begini Tampilan Error di Windows 11, Bukan Lagi “Blue Screen”


Blue Screen

Ketika sebuah komputer atau laptop dengan sistem operasi (OS) Windows error atau crash, pengguna sering kali disuguhkan dengan laman berwarna biru yang dibubuhi sejumlah teks terkait masalah yang dialami.

Apabila melihat layar ikonik yang dikenal dengan nama “Blue Screen of Death” (BSOD) ini, pengguna biasanya tidak bisa bisa berbuat apa-apa kecuali me-restart atau mematikan komputernya secara paksa.

Read More

Kini, tampilan BSOD yang sejak tahun 1990-an (Windows 3.0) itu berwarna biru, dikabarkan bakal berubah menjadi warna hitam di OS teranyar Microsoft, Windows 11.

Berdasarkan sejumlah laporan dan gambar yang menyeruak di internet, tampilan “layar kematian” terbaru di Windows 11 ini memiliki elemen yang identik dengan tampilan BSOD Windows 10, yang berbeda hanya di segi warna saja.

Ilustrasinya bisa disimak di gambar berikut.

Belum diketahui apa alasan Microsoft mengganti tampilan BSOD dari biru menjadi hitam.

Namun, perubahan ini konon dihadirkan untuk mencocokkan layar BSOD dengan tampilan login screen dan shutdown screen di Windows 11, yang sepenuhnya memang berwarna hitam.

Meski sudah muncul penampakannya, tampilan ini sendiri dikabarkan masih dalam tahap uji coba oleh Microsoft di Windows 11 versi Developer Preview dan belum diterapkan secara penuh.

Terkait BSOD sendiri, ini bukan pertama kalinya Microsoft mengubah tampilan layar error yang biasanya membuat pengguna jengkel tersebut, terlepas dari warnanya.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Minggu (4/7/2021), Microsoft sempat menambahkan emotikon “sedih” di layar BSOD Windows 8 pada 2012 lalu.

Kala itu, layar BSOD Windows 8 sendiri sudah diperbarui dengan tampilan yang lebih segar dan sederhana, dibanding layar BSOD di Windows 7 yang masih penuh dengan teks.

Kemudian pada 2016 lalu, Microsoft juga menambahkan fitur kode QR di laman BSOD Windows 10, boleh jadi untuk mempermudah para pengguna melaporkan masalah atau bug apa yang melanda komputernya kepada para teknisi.

Related posts